FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Komitmen Mahasiswi Univ. Subang Budayakan Seni Tradisi di Era Milenial

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Tarian lembut empat dara dari Universiats Subang (Unsub) mendapat aplaus dari ratusan warga saat Deklarasi Timsus 1901 di Graha Betha Wiguna, Jl. SUtaatmaja, Subang, Sabtu (9/2/2019).

Zaman sudah berubah, tapi kecintaan empat mahasiswi pada seni tradisional tak lekang dimakan zaman. Mereka bangga dengan tarian warisan leluhur. Kecintaan mereka bukan saja di birbir, tapi dibuktikannya dengan mempelajari dan mempraktekan tarian tradisi di sela-sela jam kuliah mereka.

BERITA TERKAIT
Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNMA Pelopor Mahasiswa Kreatif
Tiga Mahasiswa Asal Filipina, 4 Minggu Mengajar di Majalengka
HIMKAS Subang Nyatakan Perang Lawan Informasi Bohong

Melalui seni tarian tradisional Lingkung Seni Sunda Universitas Subang (UNSUB) inilah mereka 'mendakwah" dan melestarikan seni tradisi kepada generasi milenial. Dea Rizkilah, salah satu personil Lingkung Seni Sunda UNSUB mengatakan bersama komunitasnya memiliki misi untuk perkenalkan budaya sunda yang saat ini mulai tergerus oleh budaya modern.

"Saat ini banyak generasi seperti milenial seperti kita yang mulai meninggalkan budayanya sendiri, supaya tidak terlambat kita mencoba perkenalkan seni tradisional ini," Ucap Dea, saat diwawancara seusai tampil disebuah acara di Hotel Betha Wiguna, Jl Ukong Sutaatmadja,  Sabtu, (9/2/2019).

Meskipun sempat vakum sejak 2008, Dea bersama beberapa temannya mencoba merintis kembali dari tahun 2016. Komunitas yang sekarang memiliki anggota hampir 30 orang ini perlahan tapi pasti terus melangkah dan menunjukkan kreasinya di tengah persaingan jaman. "Sempat vakum, tapi kita coba rintis kembali," pungkas Dea.

BERITA TERKAIT:
SMKN 2 Subang Jawara Lomba PBB di Kabupaten Bogor
Panahan, Ekskul Favorit Siswa SIT Tazkia Insani Majalengka
PKS SMAN 1 Jalancagak Padukan Budaya Lokal dan Kekinian

Selain seni tari, dalam komunitas ini juga terdapat seni karawitan. Hingga saat ini komunitas Lingkung Seni Sunda ini sering diundang di berbagai acara, mulai dari acara pemerintahan hingga acara pernikahan warga.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
Youtube: TINTAHIJAU Channel


Twitter Update

(Video) Dua Pengawas TPS di Subang Meninggal Karena Kelelahan dan Kecelakaan https://t.co/OZdGdpJSvO
Kapolda Jabar Minta Warga Sabar Tunggu Rekap Resmi KPU https://t.co/StpMlRfSgL
Bawaslu Jabar Takziyah ke Rumah Pengawas TPS Subang yang Meninggal Dunia https://t.co/mhegIyvGpL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page