FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ajarkan Aksara Sunda, Eryanti Terbitkan Buku Kamus dan Referensi Sunda

Penggunaan Aksara Sunda Kuno kian hari kian sulit ditemukan dan didapati. Bahkan Aksara Sunda itu nyaris raib di daerahnya sendiri.

Kondisi ini membuat Pegiat Budaya Sastra Sunda Eryanti prihatin. Dia mengatakan, aksara sunda ini kian menjauh dari bangsanya sendiri. Bahkan di bangku sekolah, tidak ada pelajaran yang mengenalkan soal aksara kuno tersebut.

Padahal dengan mempelajari tulisan kuno itu, tidak saja anak-anak mengetahui dan memahaminya, tapi bisa membantu tingkat kecerdasana anak-anak. "Padahal ini dapat membantu tingkat kecerdasan IQ," kata Eryanti

Lebih jauh, Eryanti membeberkan, di era kekinian ini, anak-anak lebih mengenal group band ketimbang sejarah, lebih sibuk dengan gadgetnya ketimbang mempelajari aksara jaman duluu.

"anak-anak jaman sekarang banyak yang tidak tahu bagaimana sejarah mengatakan dari mana asal muasal huruf dan kata perkalimat di tatanan pajajaran atau kerajaan sebelumnya bisa selaras sesuai apa yang dimaksud seseorang," paparnya.

Namun begitu, tidak membuat Eryanti lelah untuk terus mengenalkan aksara sunda kuno dengan caranya sendiri. Hal yang dilakukan Eryanti diantaranya dengan menerbitkan beberapa buku referensi dan kamus sunda.

"Dengan kamus ini masyarakat bisa mengenal dan mempraktekan menulis secara benar tulisan akasara kuno dalam waktu tiga pekan. Buku ini bisa membantu anak bangsa belajar nilai budaya dari kelas tingkat dasar maupun menengah tingkat atas," paparnya. [deni]

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jokowi Gunakan Bahasa Indonesia Saat Pidato Perdana di Sidang PBB https://t.co/XB08t7ZksA
Respon Mahasiswa Rencana UPI Buka Kampus Baru di Subang https://t.co/WpwZBewK83
Kemenag Majalengka Gelar Diklat Penyuluhan Agama Non ASN https://t.co/w5adk43xwc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter