Follow us:

K3S Kecamatan Subang Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Korwil Pendidikan Kecamatan Subang menyelenggarakan workshop penilaian kinerja guru di SDN Setramanah Kelurahan Parung, Rabu (7/11/2018)

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin dwipekanan yang dilaksanakan oleh K3S dalam rangka peningkatan kompetensi kepala sekolah guna menghadapi tugas kepala sekolah dalam menilai kinerja para pendidik yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

WWorkshop sehari ini diikuti oleh para kepala sekolah dasar se-Kecamatan Subang dan dihadiri para pengawas SD Kordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Subang.

Perwakilan pengawas, Nono Juhana mengajak kepala sekolah tetap bersemangat dalam meningkatkan kompetensinya sebagai tanggung jawab terhadap amanah yang diemban.

"Terlebih, saat ini kepala sekolah tidak memiliki tugas mengajar. Sehingga, diharapkan para kepala sekolah dapat menjalankan tugasnya sebagai manajer sekolah dengan baik," kata Nono dalam sambutannya.

Di samping itu, para kepala sekolah diminta agar siap dan paham dengan segala perubahan kebijakan yang akan dan telah terjadi baik dalam bidang kepegawaian ataupun kebijakan di dunia pendidikan.

Pada kesempatan yang sama Nono mengapresiasi kegiatan Outdoor Classroom Day yang diadakan pada Kamis (1/11/2018) dalam rangka memperingati hari anak internasional.

Fasilitator workshop ini, Risa Marita Chandra menerangkan PKG merupakan hal yang harus dilakukan setiap tahun. Dalam PKG ini diantaranya membahas soal penilaian formatif di awal tahun ajaran dan sumatif di akhir tahun ajaran.

Kinerja tersebut, jelas Risa secara umum dapat dilihat dari kualitas hasil kerja, ketepatan waktu dalam menyelesaikan kegiatan, prakarsa dalam melaksanakan kegiatan, kemampuan menyelesaikan amanah yang diberikan, dan membina kerjasama dalam menyelesaikan amanah.

"Sementara untuk cakupan PKG meliputi empat kompetensi yang harus dimiliki setiap guru, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional," jelas Risa.

Kegiatan dalam workshop ini dikemas dalam bentuk aplikatif, dari mulai paparan dasar dan tujuan PKG lalu berlanjut kepada simulasi langsung pelaksanaan PKG dengan instrumen yang sudah disediakan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan para kepala sekolah dapat melakukan penilaian kinerja guru dengan valid, reliabel, dan praktis.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
 


Banner Kanan 1

Twitter Update

Bupati Majalengka Minta Kades dan Lurah Proaktif https://t.co/JLrgHtXG6Y
Miris! Anak Kades Curi Dana Desa untuk Beli Narkotika https://t.co/4jWrTlnoBN
Detik-detik Terbakarnya Ruko di Cigadung Subang https://t.co/253QN1URqt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page