Jadi 'Tanjakan Aman', Kecelakaan Masih Terjadi di Daerah Cicenang Subang

Sejak kecelakaan maut pada awal Februari lalu, pemerintah mengubah nama Kawasan Jalan Tanjakan Emen menjadi Kawasan Jalan Tanjakan Aman. Perubahan nama jalan diambil untuk mengubah pandangan masyarakat yang berpendapat bahwa tanjakan Emen merupakan "jalan maut".

BACA: Innalillahi, Mini Bus Terguling di Tanjakan Aman Ciater Subang

Perubahan nama itu setelah terjadi kecelakaan di jalur itu dengan menewaskan 27 orang rombongan bus dari Ciputat, tangerang Selatan beberapa pekan silam.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi, mengungkapkan penggantian nama Jalan Emen disahkan selepas adanya perundingan antara Komisi IV DPRD Jawa Barat, Kemenhub, Jasa Raharja, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat).

"Itu dilakukan secara spontan di lokasi saat perbaikan jalan sedang dilakukan. Bersama pihak-pihak terkait, saya lantas mengusulkan bagaimana jika nama tanjakan ini diubah dengan "Aman" agar lebih memantapkan perbaikan,” jelasnya

Budi mengaku penggantian nama sudah disetujui oleh tokoh masyarakat setempat. "Syukur, tokoh setempat mulai dari kecamatan, kelurahan, dan ulama menyetujui hal ini. Mengubah nama jadi semacam doa agar tidak terjadi apa-apa lagi," tambahnya.

Tak hanya mengubah nama, Kemenhub juga memasang chevron (rambu pengarah tikungan), jalur escape (jalur antisipasi untuk mobil saat rem blong), serta lampu peringatan (warning light) di sepanjang Kawasan Tanjakan Aman.

Meskipun sudah berganti nama, namun di jalur tersebut masih terjadi kecelakaan. Kali ini giliran Mini Bus bernomor polisi E 7548 BA yang terguling. DIkabarkan, tujuh orang mengalami luka. Ironisnya, kejadian itu tepat dilokasi kecelakaan yang menewaskan 27 orang korban jiwa, serta belasan luka-luka.


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Sering Baper, Awas Gejala Bipolar https://t.co/m6EByyByq2
Wisatawan dari 58 Negara Terkesima dengan Air Panas Sari Ater Subang https://t.co/VXDqGftPdf
Promosikan Wisata, Pemkab Majalengka Gandeng Blogger dan Photograper https://t.co/xzU5SVi0eL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page