Follow us:

Warga Dawuan dan TNI Bersihkan Sampah di Irigasi PJT II

Puluhan warga dan anggota TNI/Polri serta puluhan Ormas menggelar bakti sosial bersihkan sampah di saluran Irigasi PJT II di Kampung Cikadu RT 02/01 Desa Manyeti, Kecamatan Dawuan,Subang, Jumat (9/2/2018)

Puluhan warga dan Ormas serta dibantu oleh anggota TNI/Polri disebar kesejumlah titik, mereka bahu membahu membersihkan sampah dengan alat seadanya. Sampah jenis plastik dan jenis lainnya dalam waktu singkat berhasil dikumpulkan, kemudian sampah itu diangkut dengan menggunakan Truk sampah yang sudah disiapkan.

"Selama satu jam lamanya warga berhasil mengumpulkan sampah yang berserakan disisi irigasi ada sekitar satu truk sampah dan akan dibuang ke Tempat Pembuangan Ahir Sampah ( TPA ) Panembong Subang,"Kata Danramil Kalijati, Kapt Inf Karsa kepada TINTAHIJAU.com.

Ia mengatakan, kegiatan ini menyusul perintah Pangdam III/Siliwangi tentang penyelamatan ekosistem dan pelestarian alam dan lingkungan dengan telah dilaksanakan satgas normalisasi Daerah Aliran Sungai ( DAS) Citarum.

Sementara itu, Sekmat Dawuan, Cucu Wahyudi, menuturkan saluran irigasi patut dijaga kebersihannya jika sampah dibiarkan menumpuk di sungai tentunya akan berdampak pada tersendatnya aliran air irigasi dan akan mengancam pemukiman warga dari luapan air.

Selain itu tumpukan sampah juga merusak pemandangan dan keindahan lingkungan lebih bahayanya lagi tumpukan sampah yang dibiarkan itu akan dijadikan sebagai sarang nyamuk yang sewaktu-waktu dapat mengancam kesehatan manusia."Dengan digelarnya karya bakti sosial ini tentunya lingkungan menjadi bersih dan indah,"katanya.

Untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan tak ada yang buang sampah sembarang tempat mereka memasang papan nama dengan tulisan "Terimakasih sudah tidak membuang sampah disepanjang jalan yang anda lalui"di lokasi saluran irigasi.

"Kita berharap dengan tulisan itu warga dapat memahaminya betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,"pungkasnya. [Sandy Zaenudin]



Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Line: tintahijaucom


Twitter Update

Cegah Pungli, Rekrutmen Buruh Harus Lewat Disnakertrans https://t.co/Nv4jGo83YF
Bedah Rumah TMMD, Elis Senyum Bahagia dengan Rumah yang Dulu Bilik Kini Berdiri Kokoh https://t.co/DIYzbRAmyW
Bantu TNI, Elis Jadi Tukang Aduk Saat Rehab Rutilahu TMMD https://t.co/QmZjazHdUQ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page