Wow! Ada Gong Raksasa di Pabuaran Subang. Petanda Apa?

Berbagai cara dibuat untuk mengenalkan nama daerahnya. Ada yang dengan taman, tembok nama, ada juga dengan ciri khas dan potensi daerah. Di Desa Karanghegar, Kecamatan Pabuaran, Subang misalnya, mereka membuat Gong ukuran raksasa yang dipasang di pintu masuk daerah.

Goong Raksasa dibuat untuk mengenalkan identitas Dusun Ciggong di Desa Karanghegar. Gong raksasa ini terbuat dari matrial plat baja dengan diameter 3,5 meter. Saat ini, Gong tersebut masih dalam finishing. Pembuatan gong raksasa ini menelan anggaran sekitar Rp.27 juta yang bersumber dari swadaya masyakarat. Jika pengerjaan sudah tuntas rencananya gong tersebut akan dipasang di lokasi pertigaan jalan masuk ke dusun Cigoong.

"Kita buat gong ini sebagai simbol nama kampung semoga saja nama kampung ini semakin dicintai oleh warganya sendiri setelah berdirinya sebuah gong raksasa dipertigaan jalan. Nanti kita pasang di pintu masuk Dusun Ciggong," kata Kepala Dusun, Bambang Kaca kepada TINTAHIJAU.com.

Proses pembuaatan gong ini sudah setahun. Untuk mendapatkan hasil yang baik, dalam proses pembuatan Gong dilakukan secara hati-hati, terlebih membuat memiliki kesulitan yang cukup tinggi.

Tokoh adat, KalimĀ  mengatakan selain sebagai identitas daerah, Gong ini diharapkan menjadi pemahaman dan pengetahuan bagi generasi penerus. Menurut Kalim, saat ini, banyak anak-anak remaja yang suda tidak mengenal alat kesenian tradisional. "Gong ini alat kesenian jaman dulu yang sampai sekarang masih eksis. Tapi tidak banyak anak-anak jaman sekarang yang bermain musik tradisional, mereka memilih musik modern," katanya

Kepala Desa Karanghegar, Casmita WS mengapresiasi dengan dibuatnya gong raksasa ini sebagai bukti gotong royong masyarakat yang telah membuat sebuah gong raksasa sebagai simbol nama kampungnya. "Dengan dibuatnya gong raksasa secara swadaya ini sebagai ciri sanagri cara sadesa, desa mawar ciri nagara mawar tata," kata Kades Casmita WS.

Ia mengatakan, gong raksasa ini sebagai simbol nama kampung yakni Kampung Cigoong."Semoga saja dengan hadirnya gong raksasa warga di daerah ini semakin solid dan giat untuk menjaga kesenian atau budaya yang ada khususnya di bidang pembangunan,"pungkasnya. [Sandy Zaenudin ]


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

Bupati Subang: Kita Banyak Stok, Gak Perlu Impor Beras https://t.co/4Xg5oQTWlF
Hanura Putuskan Dukung Maman-Jefry di Pilkada Majalengka https://t.co/XbSdh3g1Ux
Pedagang Pasar Jualan di Depan Pendopo Bupati Subang https://t.co/jBxLeiHb6Y
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page