Tingkatkan Pangan, Paguyuban Adat Tani Gelar Revolusi Mental di Ciasem Subang

Untuk meningkatkan pangan nasional paguyuban tani adat menggelar kegiatan revolusi mental terhadap puluhan petani di daerah Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Subang,Sabtu (2/12/2017)

Kegiatan yang diisi dengan musik Celempungan Gentra Parahyangan dan kesenian odong-odong itu menyedot perhatian warga mereka datang kelokasi itu untuk menyaksikan hiburan dan kegiatan penanaman padi di lahan pesawahaan yang sudah siap di tanami padi.

Ketua Paguyuban Adat Tani, Solih Andi menuturkan, pihaknya akan terus mendorong kepada para petani untuk meningkatkan gerakan nasional revolusi mental dan meningkatkan produksi petani dengan menjaga keseimbangan lingkungan sebagai implementasi gerakan indonesia mandiri dan bersatu.

"Musim tanam padi ini sudah lama dinanti warga mereka menyambutnya dengan suka cita bahkan ketika musim tanam padi tiba tak sedikit warga yang mengelar acara syukuran dari mulai ruwat bumi hingga acara sejenisnya,"kata Ketua Paguyuban Adat Tani, Solih Andi kepada TINTAHIJAU.com.

Sementara itu, Staf Ahli Panglima Kodam III Siliwangi, Kolonel Inf Imam Firdaus mengatakan, untuk meningkatkan ketahanan pangan perlu adanya gerakan revolusi mental terhadap para petani agar mereka mampu meningkatkan produksi padi.

Selain itu mereka juga perlu mendapatkan bimbingan dari Dinas Pertanian agar mereka lebih jauh memahami terkait tata cara menanam padi di lahan sawah. Serta cara merawat tanaman padi yang baik atau sesuai dengan aturan Dinas Pertanian agar dapat terhindar dari hama padi yang dapat mengancam gagalnya panen.

"Kita berharap para petani kedepan dapat menciptakan konsisten untuk menjadi bagian dari solusi menuju perubahan agar lingkungan hidup kedepannya akan lebih baik untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan menjaga ekosistem tanah dengan system penanam secara organik,"katanya.

Dalam agenda itu hadir, Danramil Ciasem Kapt Inf Ernawan, Kolonel Inf Imam Firdaus, Kades Ciasem Girang, Karsa Hikmat, Fakar Pertanian Jawa-Barat, Alit Sutarya, Tokoh Masyarakat dan Puluhan Petani. [ Sandy Zaenudin ]


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Promosi dan iklan: 085352324271


Banner Kanan 1

Twitter Update

Bawakan 'Cinta Noda Hitam', Ruhimat Ajak Anggota Ormas LI Bergoyang https://t.co/Ky9YwRguYc
Maman Imanulhaq Jenguk Bayi Penderita TBC di RS. Cideres Majalengka https://t.co/grUKKKBu1T
FIKOM Universitas Subang Gelar Muslimah Fashion Festival https://t.co/jjMJoQSGNO
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page