FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Purwakarta Pecahkan Rekor MURI 'Ngarak Beas Perelek'

TINJAU PURWAKARTA- Peringatan Hari Jadi Purwakarta ke 186 dan Hari Jadi Kabupaten ke 49 bertajuk “Ngarak Beras Perelek” berhasil mengukir sejarah. Museum Rekor Indonesia mencatat, sebanyak 53.918 orang secara bersama-sama membawa beras yang dimasukan ke dalam ruas bambu.

Jumlah ini menambah rekor yang telah ditorehkan oleh kabupaten yang terkenal dengan Taman Air Mancur Sri Baduga ini menjadi sebelas rekor. Hal ini diungkapkan oleh perwakilan Museum Rekor Indonesia, Awan Rahardjo, Jum’at (4/8/2017) malam di sela penetapan rekor, di panggung utama karnaval, Jalan RE Martadinata Purwakarta.

"Sejarah baru bagi Indonesia juga Dunia, 53.918 orang secara bersamaan membawa bambu berisi beras. Ini rekor yang ke sebelas bagi Purwakarta," jelas Awan seperti dikutip purwakatapos

Rekor ini, tutur Awan, terbilang unik mengingat beberapa hal yang menjadi penilaian khusus MURI. Selain karena berdasarkan kebudayaan di Jawa Barat, rekor ini juga tercipta dalam spirit pengentasan penggunaan Beras Sejahtera (Rastra) oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi saat menyapa peserta pawai “Ngarak Beas Perelek” Jalan KK Singawinata, Jumat (4/8/2017) malam

"Rekor ini unik ya, inspirasinya dari perilaku budaya orang Jawa Barat, juga berangkat dari keinginan agar masyarakat Purwakarta mengkonsumsi beras yang layak. Luar biasa saya kira," ungkap Senior Manager MURI tersebut.

Hal yang diungkapkan oleh Awan, merupakan tujuan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam menggelar karnaval di Hari Jadi. Targetnya, tanggal 17 Agustus 2017 ini, seluruh masyarakat Purwakarta sudah terpenuhi kebutuhan berasnya dengan konsumsi beras premium hasil urunan masyarakat mampu yang sudah dimasukan ke dalam ATM Beras.

"Ini gabungan tradisi dan teknologi, perelek itu tradisi orang Jawa Barat, ATM Berasnya itu produk teknologi. Selain ini bentuk pengamalan sila kedua Pancasila," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.



_____________
Dapatkan lintasan berita Subang via:

Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851







TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bukan untuk Ditertibkan, Satpol PP Purwakarta Justru Bagi-bagi Sembako untuk PKL https://t.co/W9T9cqrGr5
Update CPNS 2021: Ada 3,77 Juta Orang yang Melamar, Ini 10 Instansi yang Jadi Favorit https://t.co/NO0fSXgWc7
Ridwan Kamil Beri Kadeudeuh Untuk Windy Peraih Medali di Olimpiade Tokyo https://t.co/UGbcTbzUGr
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter