FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

100 Penari Jaipong Akan Adu Kebolehan di Wisma Karya Subang

TINJAU SUBANG- 100 penari tradisi khas Subang, Jaipoongan akan beradu kebolehan di ajang Pasangggiri Jaipongan pada 3 Mei di Ruang Pertunjukan Gedung Sejarah Wisma Karya, Subang.

Paguyuban Mojang-Jajaka Subang menggelar Pasanggiri Jaipongan. Gelaran ini sebagai upaya dalam pelestarian dan menanamkan Seni tradisi di era kekinian yang mulai ditinggalkan generasi pewarisnya.

Dalam upayanya itu, event yang mengusung tema "Igelan Ngigelkeun Jaman" itu akan melibatkan pelajar dari tingkat SD hingga pergguruan tinggi di Kabupaten Subang.

"Dari kegiatan, diharappkan timbul kecintaan terhadap seni tradisi, adanya pengembangan kreatifitas seni, dan hadirnya kesadaran umum di masyarakat pentingnya mewarisi nilai-nilai keindahan seni tradisi," kata Ketua Paguyuban Mokka, Adistyana Pitaloka

Seni tradisi Jaipongan ini merupakan satu budaya nasional Indonesia yang diakui dunia internsional (Unesco). Namun keberadaan Jaipongan, masih didominasi kalangan dewasa. Itupun bisa dinikmati pada hajatan pernikahan dan khitanan warga. Di luar itu, panggung Jaiipongan masih cukup langka. Demikian juga, upaya regenerasinya.

"Di era globalissi, generasi muda lebih memilih dan mengapreisai kesenian modern, bahkan anak-anak yang seharusnya menjadi generasi pewaris seni tradisi, lebih suka tarian modern ala kebarat-baratan," papar Adis.

Melangkah dari keprihatinan dan semangat inilah yang menginisiasi Paguyuban Moka Subang menggelar Pasanggiri Jaipongan. Dengan demikian, kata Adis, harapan menanamkan kecintaan dan pelestarian seni tradisi ini bisa mewujud di masyarakat.

"Agar tidak monoton, perlu dilakukan elaborasi unsur tradisional dan modern serta menciptakan tarian yang uptodate tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisinya," pungkasnya.


__________

Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851a


Banner Kanan 1

Twitter Update

Antrean Membeludak, Subang Jadi Fokus Pantauan Ombudsman Soal PPDB SMA https://t.co/ZJ2gFYc3Bu
Polemik Keberangkatan Haji dan 'Mati Suri' Bandara Kertajati Majalengka https://t.co/jovd5w8ugC
Hari Jadi ke-529 Majalengka, Dari Membangun Daerah Menuju Daerah Membangun https://t.co/IUqxx9CbtC
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page