Follow us:

Lawan TB dengan Senam Massal dan Ketuk Pintu

TINJAU SUBANG- Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang masuk dalam kategori penyakit ganas. Uppppppaya untuk menekann. Penyebaran harus dilakukan, salah satunnya dengan prorgram Ketuk Pintu dan Senam Massal.

Sekitar 600 orang dari perwakilan masing-masing desa mengikuti senam massal yang mengusung tema Senam Massal Menuju Subang Sehat dari TB di lapangan alun-alun Pemkab Subang. Kegiatan ini digelar Dinas Kesehatan dan organisasi Aisiyah Cabang Subang.

Di tengah ratusan peserta Senam massal hadir Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih, kepala Dinkes Jabar dan sejumlah pejabat Pemkab Subang.

"Ini bagiaan dri upaya kita dalam rangka sosialisasi seputar TB. Selain kegiatan senam, ada juga program aksi Ketuk Pintu untuk," kata Kordinator SSR Comunity, TV& Hiv Crew Aisiyah Subang, Irvan HQ.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang, jumlah susppec TB di Subang sebanyak 18 ribu, 4 ribu orang diantaranyaa sudah ditangani pihak Dinkes. Kondisi itu kataa Irvan akan terus bertmbah jika tidak seceptnya dicegaah. Mengingat, banyak penderita yang tidak care dan atau malu jika menderita TB.

"TB ini banyak yang tidak care aatau malu karen diangggapnya aib, padahal penularannnya lebih berbhaya ketimbang HIV/Aids, bahkan bisa berujung pada kematian," terang Irvan

Dari catatannya, dalam 2 tahun terakhir ini, trend penularan pada anak-anak mengalami peningkatan yang tertular dari orang dewasa. "Melalui program Ketuk Pintu ini kita sosialisasikan dan bila ada yang terduga kita tindak lanjuti dengan penanganan medis, sampai sembuh, biasannya selama 6 bulan, gratis," pungkasnya.

____
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Twitter Update

Tiga Orang dari Satu Keluarga Tewas di Tol Cipali Subang https://t.co/TSA1RcK9of
Komunitas Pesantren Sarankan @RidwanKamil Maju dari Independen https://t.co/Ql0lWcOTZX
Komunitas Pesantren Deklarasi Dukungan @RidwanKamil di Pilgub Jabar https://t.co/VWkFe7oAnk
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter
Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Facebook Page