FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

BPBD jadi Dinas, Pemkab dan DPRD Dinilai Kecewakan Publik Subang

TINJAU SUBANG- Dari tiga Badan di Pemkab Subang, tidak ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebaliknya, Penanggulangan Bencana justru berbentuk Dinas bersama Pemadam Kebakaran.

Nihilnya BPBD dalam SOPD baru itu mengundang reaksi publik. Mereka mengaku kecewa dan merasa ditipu DPRD. Maklum saja, pada saat pembahaasan raperda SOPD baru di DPRD itu, justru BPBD yang muncul atau bukan berbentuk dinas.

"Saya pikir ini ada misskom, kita perlu mendengarkan alasannya. Kita harus evaluasi, kembalikan ke rencana awal. Masyarakat sudah lama mengharapkan BPBD, karena Subang menjaadi zona merah bencana. Saya kecewa dengan fakta ini," kata Kettua Bidang Advokasi Pusat Kajian Otonomi Daeraah dan Kebijakan (Puskodak) Subang, Kaka Suminta.

Kaka memapparkaan, adaa perbedaan substansi antara Badan dengaan Dinas. Badan, jelas Kaka, lebih menekan pada kinerja sementara Dinaas strruktur pemerintahan. Dengaan demikian, personalitas di BPBD dengaan mengakomodir berbaagai kelompok masyarakat, darri PNS, masyarakaat, TNI/Polri. Sementara Dinas, hanya PNS.

"Dalam penanganannyaa BPBD lebih muudah dan cair dibanding dinas yang lebih rijit dan program. Soal angggaran, Dinas bersumber APBD, sedangkan BPBD dari pusat," tandasnya. Lebih jauh, Kaka menandaskan, dengan terbentuknya BPBD, penanganan bencana lebih referehensip demikian juga suport anggaran. Dengan demikian, penanganan tidak hanya dilakukan pada saat terjadi bencana, tapi setelah terjadi bencana.

"Kita baru akan terasa, setelah ada bencana nanti. Bagaimana Dinas bekerja daan lakukan penanganan. Kita minta DPRD harus evaluasi, kembalikan ke rencana awal," pungkasnya.

Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih menegaskan, perubahan BPBD menjadi Dinas itu sesuai petunjuk dari Pemerintah Provinsi. "(Perubahan) Ini sudah dari Provinsi, petunjuknya begitu," kata Imas

________
Follow Twitter: @tintahijaucom Like Faceboook: Redaksi Tintahijau

Iklan dan kerjasama hubungi: WA: 081.805.117700 BBM: 2381524D email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Terlibat Jaringan Bom Bekasi, Seorang Warga Subang Ditangkap Densus 88 https://t.co/5XJR9k7Sya
Keripik Singkong dari Ligung Majalengka Digemari Pasar Bali https://t.co/CNhkV9SqMZ
Hadiri Pekan CSR PT. Dahana, Wakil Bupati Subang Ajak Perusahaan Berkontirbusi https://t.co/5fRGJGw4tf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page