FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kerugian Akibat Kebakaran Capai Rp4.6 Miliar

 

Laporan tahun 2013, sebanyak 37 kasus kebakaran terjadi di Subang dengan kerugian sedikitnya Rp4,692 miliar. Mayoritas penyebab kebakaran didominasi hubungan arus pendek atau konsleting listrik. “Tahun ini, angka kebakaran turun signifikan, hanya ada 37 kasus, atau menurun 40%. Total nilai kerugiannya pun turun, hanya Rp4,6 miliar,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Martono Sriwahyudi kepada TINTAHIJAU.com

Martono mengatakan, jika dibandingkan dua tahun kebelakang Jumlahnya kasus kebakaran menurun drastis, yakni pada tahun 2011 itu sebanyak 46 kasus dengan nilai kerugian mencapai Rp7 miliar dan tahun 2012 sebanyak 61 kasus dengan kerugian cukup fantastis hingga menembus angka Rp84,2 miliar.

"Peristiwa kebakaran itu tersebar di sejumlah kecamatan, mayoritas terjadi di kawasan perkotaan Subang yang mencapai 18 kasus. Kalau penyebabnya beragam, mulai dari kompor minyak tanah, hingga konsleting listrik," katanya.

Intensitas kejadian kebakaran lazim meningkat di bulan-bulan sepanjang musim kering (kemarau), yakni periode Mei hingga September. “Jadi masyarakat harus lebih waspada, dan ingat untuk kabel jaringan listrik harus sering dicek karena samapai saat ini penyebab kebakaran masih didominasi konsleting listrik," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan (Distarkimsih) yang membawahi UPTD Pemadam Kebakaran, Sumasna mengatakan anggaranoprasional Pemadam Kebakaran (Damkar) pada 2014 ini hanya Rp250 juta.

Selain anggaran, jumlah petugas penanggulangan bencana kebakaran di Subang hanya 47 petugas. Sementara jumlah kendaraan Damkar hanya lima unit untuk mengcover 253 desa/kelurahan di 30 kecamatan. "Idealnya kita itu, membutuhkan sekitar 80 petugas dengan 13 unit mobil Damkar. Begitupun dengan pos pelayanan yang saat ini hanya ada satu buah, idealnya ada lima pos dengan dilengkapi dua unit mobil Damkar dan 12 personel" kata Sumasna. [Warlan putra | @warlanputra]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

 


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Terlibat Jaringan Bom Bekasi, Seorang Warga Subang Ditangkap Densus 88 https://t.co/5XJR9k7Sya
Keripik Singkong dari Ligung Majalengka Digemari Pasar Bali https://t.co/CNhkV9SqMZ
Hadiri Pekan CSR PT. Dahana, Wakil Bupati Subang Ajak Perusahaan Berkontirbusi https://t.co/5fRGJGw4tf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page