FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Warga 2 Desa di Pantura Subang Buka Puasa di Tengah Banjir


"Air mulai pasang mulai naik pukul 17.00-23.00, ketinggian air rata-rata 70-90 centimeter di areal Pemukiman Penduduk. Terpaksa mereka harus buka puasa dan sahur di tengah kepungan banjir," ujar petugas Satkorlak Kecamatan Legonkulon, Komarudin kepada TINTAHIJAU.com, Sabtu (20/7/2013)

Hingga saat ini, petugas Tagana kecamatan masih melakukan pantauan di lokasi. Selain antisifasi ketinggian air meningkat, tim tagana setempat antisifasi jika harus dilakukan evakuasi. Tidak hanya melakukan "jam malam", upaya yang dilakukan petugas setempat adalah dengan melakukan penanganan awal dengan membuat tanggul dari karung berisi matrial untuk menghalau gelombang air yang masuk. 500 karung sudah didistribusikan ke Dusun Tegalsari. Di lokasi itu, kondisi tanggul sudah mengkhawatirkan alias kritis.

"Lokasi terparah berada di dusun Krajan RT 3 dan 4, serta Dusun Tegalsari di RT 8 Desa Legonwetan. Di Tegalsari ketinggian banjir antara sekitar 90-120 centimeter, karena ada tanggul saluran yg limpas sepanjang 30 meter," jelasnya.

Peristiwa banjir rob, di 2 Desa Kecamatan Legonkulon itu bukan kali ini saja terjadi. Hampir setiap saat ratusan rumah di 2 desa itu terendam banjir. Tidak ada upaya lain yang dilakukan oleh tim Tagana, selain antisifasi evakuasi, pemberlakuan jam malam serta penguatan tanggul sementara.

Warga setempat, sebenarnya sudah pada titik frustasi. Namun tidak ada pilihan lain, kecuali menetap di daerahnya. Apalagi, hingga saat ini belum ada upaya ril dari pemerintah keterkaitannya penangan banjir rob.

"Ini sudah amat sangat biasa buat kita. Dari mulai Aceh kena Tsunami, daerah di sini selalu banjir. Dan tidak ada penangan dari pemerintah, kecuali bantuan sembako. Padahal kita butuh upaya pencegahan secara permanen, bukan penanganan cukup dengan karung," kata warga setempat Asep. [annas nashrullah | @jejakAnnas]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tak Pandang Bulu, Ketua Satgas Doni Monardo pun Terkonfirmasi Positif Covid-19 https://t.co/bTFFkyGQDW
Hai Pria!, Lakukan Olahraga Ini Agar Makin Tahan Lama Saat Bercinta https://t.co/mr4pLpenhF
Baru Divaksin Covid-19 Tapi Koq Terpapar Corona?, Ini Penjelasannya https://t.co/y2u58E2bQ9
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter