Bronjong Bendungan Leuwi Nangka Subang Jebol



"Bronjong tersebut dibuat secara gotong royong oleh petani sekitar, sebagai bendungan sementara pengganti bendungan leuwi nangka yang jebol sebagian," kata Ukat kepada TINTAHIJAU.com, Selasa (23/4/2013).

Bendungan Leuwi Nangka yang mengairi 4.387 Ha yang dibagun pada tahun 1928, sekitar 1 tahun lalu jebol dan masyarakat bersama pemerintah membangun bendungan alternatif dengan membangun bronjong disekitar bendungan yang jebol tersebut.

"Bronjong yang dibuat secara gotong royong hanya kuat setahun, sekarang dikhawatirkan jika beronjong tidak secepatnya diperbaiki akan berpengaruh kepada petani di wilayah Pagaden Barat dan sekitarnya," tuturnya.

Ditempat terpisah, Kabid Operasional di BBWS Citarum Arif Budiyo kepada mengungkapkan bahwa pihaknya belum mengetahui tanggul bronjong darurat di Leuwi Nangka tersebut jebol. "kami belum mendapat laporan dari PJT di Subang. Nanti akan kami cek dulu" kata Arif melalui ponselnya.

Terkait perbaikan dan pembangunan kembali bendungan permanen Leuwi Nangka, pihaknya dari BBWS yang berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum, telah merencanakan pembangunan kembali bendungan tersebut. [Warlan putra l @warlanPutra]

 


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ilmuwan Temukan Kain yang Dapat Bunuh Virus Covid-19 https://t.co/0kH4vDNqiR
Mengenal New Normal di Tengah Pandemi Corona https://t.co/KYOtZdvtLq
Selama PSBB, Disdukcapil Karawang Tolak Permohonan Pindah bagi Pendatang https://t.co/6qvExTwxIs
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter