FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bukan Gelombang Panas, BMKG Buka Suara Soal Suhu di Indonesia yang Meningkat

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menegaskan, pesan berantai yang beredar di berbagai platform media sosial, dan WhatsApp bahwa gelombang panas kini melanda Indonesia, tidak benar.

"Berita yang beredar ini tentu tidak tepat dan tidak benar atau hoax, karena kondisi suhu panas dan terik saat ini tidak bisa dikatakan sebagai gelombang panas," tegas Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko dalam siaran pers Sabtu (16/10).

Menurut Urip, gelombang panas terjadi pada wilayah yang terletak pada lintang menengah dan tinggi. Sementara wilayah Indonesia terletak di wilayah ekuator yang secara sistem dinamika cuaca tidak memungkinkan terjadinya gelombang panas.

BACA JUGA:
Inilah Pedoman dan Fatwa Lengkap MUI untuk Perayaan Maulid Nabi 2021

Gelombang panas dalam ilmu cuaca dan iklim didefinisikan sebagai periode cuaca atau suhu panas yang tidak biasa, yang biasanya berlangsung setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih disertai oleh kelembapan udara yang tinggi.

Untuk dianggap sebagai gelombang panas, suatu lokasi harus mencatat suhu maksimum harian melebihi ambang batas statistik, misalnya, 5 derajat Celcius lebih panas, dari rata-rata klimatologis suhu maksimum, dan setidaknya berlangsung dalam lima hari berturut-turut.

"Bila suhu maksimum tersebut terjadi dalam rentang rata-ratanya dan tidak berlangsung lama, maka tidak dikatakan sebagai gelombang panas," ujar Urip.

Suhu di atas 36 derajat Celcius

Gelombang panas umumnya terjadi berkaitan dengan berkembanganya pola cuaca sistem tekanan atmosfer tinggi di suatu area secara persisten dalam beberapa hari.

Dalam sistem tekanan tinggi tersebut, terjadi pergerakan udara dari atmosfer bagian atas menuju permukaan (subsidensi) sehingga termampatkan dan suhunya meningkat.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Daftar 5 Game VR Terbaik yang Dirilis Mulai Desember https://t.co/Hrrj9xmYNu
Kabar Gembira, Ini Daftar Hari Libur di Bulan Desember 2021 https://t.co/Vc2WjQKAzf
Gelar Aninversary di Subang, Bupati Minta Komunitas Pajero Indonesia Family Promosikan Wisata dan Produk Lokal https://t.co/zFbOyyAsdb
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter