FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Seekor Macan Tutul Betina Ditemukan Terluka di Kawasan Kawah Putih Bandung

Indeks Artikel



Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) ditemukan warga di saung petani blok Kawah Putih yang berada dalam kawasan hutan lindung Resot Pemangkuan Hutan (RPH) Patuha Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciwidey – KPH Bandung Selatan.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat menyebutkan, laporan informasi terkait temuan Macan Tutul Jawa tersebut diterima oleh Petugas Balai Besar KSDA Jabar dari laporan Bidang KSDA Wilayah II pada Jumat (23/10/2020).

"Informasi pertama disampaikan petugas KRPH Perhutani dengan masyarakat yang menyampaikan ke petugas Resort Konservasi Wilayah Cimanggu bahwa ditemukan Macan Tutul Jawa dalam kondisi lemah dan terdapat luka," ungkap BBKSDA Jabar dalam unggahan akun Instagram @bbksda_jabar, Minggu (25/10/2020).

BACA JUGA:
Tekan Kecelakaan, Polantas Subang Operasi ODOL di Jalancagak
Akhir Pekan, Jumlah Kasus Covid-19 di Subang Bertambah 7 Orang
Pangandaran Diguncang Gempa Minggu Pagi Ini

Saat itu juga Kepala BBKSDA Jabar memerintahkan petugas mereka untuk berkoordinasi dengan tim medis Kebun Binatang Bandung dan Aspinall untuk turun ke lokasi guna mengevakuasi satwa tersebut.

"Dengan menggunakan kendaraan WRU (Wildlife Response Unit) dan dilengkapi dengan peralatan medis, tim mengevakuasi satwa tersebut berupa satu ekor Macan Tutul Jawa berjenis kelamin betina, diduga berumur masih remaja dan terdapat luka pada luka bagian pinggang dekat kaki belakang. Luka tersebut diperkirakan sudah berlangsung sekitar lima hari," tulis keterangan BBKSDA Jabar.

Kepala Sub Bagian Humas BBKSDA Jabar Halu Oleo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Macan Tutul Jawa tersebut telah dievakuasi.

"Kondisi Macan Tutul Jawa tersebut menurut dokter hewan termasuhttps://www.liputan6.com/regional/read/4391468/macan-tutul-yang-ditemukan-terluka-di-kawah-putih-bandunghttps://www.liputan6.com/regional/read/4391468/macan-tutul-yang-ditemukan-terluka-di-kawah-putih-bandungk dalam kondisi kritis sehingga secepatnya diberikan penanganan medis dengan memberikan infus, antibodi dan pembersihan luka dengan antiseptik. Guna menjaga kondisinya, satwa langsung diangkut dengan kendaraan WRU menuju Kebun Binatang Bandung untuk mendapatkan perawatan intensif dan dijauhkan dari interaksi dengan satwa atau manusia," kata Halu.

Macan Tutul Jawa Kedua

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bagaimanan Cara Menutup Kap Mobil yang Benar, Dijatuhkan atau Ditekan? https://t.co/kCkAKHB0bg
Lagi, Rumah Warga di Majalengka Jebol Dihantam Longsoran Tebing https://t.co/AvYAdpASi5
Mayoritas Positif Covid-19 di Subang Isolasi Mandiri di Rumah https://t.co/jsu1hCgWWR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter