FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan di Subang Kerahkan 2 Hercules

KALIJATI, TINTAHIJAU.com- Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan TNI AU digelar di Landasan Udara, Lanud Suryadarma Kalijati, Subang, Jumat (17/1/2020). Dalam Simulasi pemadaman api dengan menggunakan metode Water Container Bombing (WCB) itu melibatkan dua pesawat Hercules.

Hadir dalam simulasi itu Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo, serta para Staf dan anggota TNI AU.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, menyatakan Water Container Bombing merupakan teknologi hasil penelitian Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara atau Dislitbang AU. KASAU menegaskan, Teknologi ini dipercaya mampu memadamkan api dengan cepat sampai ke akar-akarnya.

"Kita laksanakan inovasi baru ini, untuk bagaimana caranya memadamkan kebakaran di lahan gambut, dengan tekhnologi ini bisa memadamkan api sampai kebawah," jelas Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan pihak TNI AU melalui Litbang AU mencoba mencari solusi untuk memadamkan api sampai ke akar, sehingga kebakaran hutan dapat diatasi dengan cepat. “Kita terus mencoba pelajari hal tersebut, dan kita pun membuat percobaan tersebut, dengan namanya Water Container Bombing," ungkapnya.

Water Container Bombing ini merupakan bola-bola air yang terbuat dari viber dan berisi 112 liter atau 120 kg air. Dan bola-bola ini dapat dibawa menggunakan pesawat Hercules. Sekali angkut, pesawat bisa membawa 36 bola dengan total berat 10 ton.

"Dengan menggunakan satu buah bola Water Container Bombing, api bisa dipadamkan dengan radius 20 meter, dan Alhamdulillah, itu cukup efektif untuk digunakan dalam pemadaman kebakaran hutan yang sering terjadi di Indonesia," paparnya




FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Lembah Panyaweuyan, Indahnya Permadani Hijau Majalengka https://t.co/sH2hWy4cAJ
Touring, Cara Bikers TRS Subang Melepas Penat https://t.co/vbDobG5lLw
Olahraga Ini Aman Dilakukan oleh Penderita Hipertensi https://t.co/0loI0ouImv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page