FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Debit Air Bendung Rentang Jatitujuh Majalengka Mulai Menyusut

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Debit aliran sungai bendungan Rentang mulai menyusut. Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah aliran Sungai Sindupraja dan Sungai Cipelang yang aliran sungainya berasal dari Bendung Rentang Jatitujuh, mulai resah.

Memasuki bulan September tahun ini aliran air di kedua sungai itu hampir berkurang sangat drastis, padahal biasanya selalu melimpah, bahkan sampai meluber ke pinggir bantaran sungai.

Tasmin petugas penjaga pintu air Bendung Rentang Jatitujuh, mengatakan bahwa awal bulan September ini pembagian air di kedua saluran yakni Sungai Sindupraja dan Sungai Cipelang mulai dibatasi.

"Kita harus pandai-pandai membagi jadwal giliran air. Sehingga semua area pertanian yang menjadi tanggungjawab pengairan baik di Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Indramayu semuanya terbagi dengan adil," katanya Selasa (17/9/2019)

Masih kata Tasmin, sebenarnya pengurangan pembagian air menjelang pengeringan sekitar bulan September-Oktober di Sungai Sindupraja dan Sungai Cipelang sudah rutin dilakukan, terlebih saat ini saat kemarau panjang.

"Sebenarnya setiap tahun pengurangan pembagian air itu sudah biasa seiring dengan berakhirnya masa panenT II, namun tahun ini kemarau cukup panjang sehingga banyak sumur warga yang mengering dan mereka berharap saluran kedua sungai itu tetap mengalir seperti biasanya," katanya.

Diisamping itu kata dia mulai pada awal oktober mendatang pihak Bendung Rentang Jatitujuh akan melakukan pengeringan total di kedua saluran baik di Sungsi Sindupraja ataupun di Sungai Cipelang. Hal ini dilakukan untuk membenahi saluran di kedua sungai dan pengurasan lumpur di muka pintu bendungan, sekaligus pengecetan.

Kosim salah satu warga pinggir bantaran Sungai Sindupraja menyambut baik pengaturan pembagian debit air sesuai kebutuhan area pertanian, sehingga air yang disalurkan dari Bendung Rentang tepat sasaran.

"Fungsi dari saluran Sungai Sindupraja dan Sungai Cipelang adalah untuk pertanian, sehingga keberadaannya  harus terus dijaga sesuai pungsi pokonya," katanya.

 


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Catat Girls!, Kata-kata Ini Tidak Mau Didengar Pria dari Pacarnya https://t.co/ALbh4FA7X7
Jelang Idul Adha, Mentan Kunjungi Peternak di Purwadadi Subang https://t.co/XU7exO4wy9
Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Subang Meninggal Dunia https://t.co/BkQGdlP9ts
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter