Follow us:

Sosialisasi Minim, Warga Subang Tidak Memahami Pelanggaran Pemilu

Tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki masa kampanye. Sudah tiga bulan, peserta Pemilihan Legislatif mengkampanyekan dirinya ke mayarakat.

Namun di bagian lain, Warga ditenggarai belum banyak memahami seputar pelanggaran Pemilu. Akibatnya, warga bersikap pasif atas pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

BACA: 3 Bulan Masa Kampanye, Bawaslu Subang Baru Tangani 2 Kasus Pemilu

"Masyarakat masih banyak yang tidak tahu seputar pelanggaran Pemilu, seperti apa saja yang disebut pelanggaran. Ini karena masih minimnya sosialisasi," kata Tokoh Masyarakat Ade Rahmat kepada TINTAHIJAU.com.

Di bagian lain, masyarakat masih abai dengan pelanggaran terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Bisa jadi, kata Ade, dipicu belum adanya upaya penegakan aturan terhadap APK yang dipasang di zona haram seperti jalanan protokol.

Kondisi ini kata Ade, bertolak belakang dengan harapan Bawaslu, masyarakat terlibat dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.  "Satu sisi masyarakat diminta untuk ikut mengawasi, di bagian lain masyarakat kurang memahami bentuk pelanggaran," tandasnya.

Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas Bawaslu Subang Imanudin mengatakan, masalah SDM dan anggaran menjadi salah satu faktor lemahnya pengawasan dan minimnya sosialisasi di lapangan.
 
Bawaslu, kata Imanudin, dalam waktu dekat ini akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye yang dipasang di jalanan protkolo termasuk di kaca mobil. "Kita akan koordinasi dulu dengan Satpol PPP, Dishub dan Polres," imbuhnya

Imanudin menghimbau semua peserta Caleg mentaati, mematuhi aturan yang sudah ditetapkan.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Tanaman Padi Diserang Tikus, Petani Pantura Subang Terancam Gagal Panen https://t.co/CFwRbi92EW
Ucu Supriatna, Pria asal Majalengka Sulap Limbah Plastik Jadi Karya Seni Antik https://t.co/MGHlrbGFJw
Gubernur Jabar Sebut Subang Banyak Diminati Investor Asing https://t.co/58aUp9puRX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page