Follow us:

Buruh Subang: PP 78 Membuat Hidup Kami Miskin

Ratusan buruh tergabung dalam Aliansi Buruh Subang menolak PP 78 tahun 2015. Mereka menganggap, Peratiuran tersebut membuat hidup mereka miskin.

Hal ini disampaikan saat aksi di Gedung DPRD dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Subang, Kamis (1/11/2018). Mereka mnenteng berbagai atribut dan poster di antaranya bertulisan "tolak upah murah, tolak PP 78" dan "jangan korban kami karena melemahnya rupiah" dan 'Cabut Pergub No 54 Tahun 2018 Produk Haram Bagi Kaum Buruh.

"Kami menolak PP 78 karena memiskinkan buruh. Kenaikan UMK jadi dipatok, tak mengacu pada kondisi riil kenaikan harga pasar. Kami berkepentingan terhadap upah sektoral," ujar Warso saat orasi di halaman Gedung DPRD Subang.

Akibat diberlakukannya PP 78 menyebabkan kenaikan UMK sudah dipatok 8,03 persen. Padahal kenyataannya kenaikan harga harga di pasaran lebih tinggi dibandingkan patokan tersebut.

"PP 78 thn 2015 sama saja memiskin buruh, tak berpihak kepada buruh. Upah buruh jadi murah. Subang nantinya bakal menjadi daerah industri, sehingga SDM harus dipersiapkan. Bagi kami bagaimana bisa sekolah anak anak bisa tinggi, upah kami saja pas pasan dan banyak yang nombok," katanya.

Warso juga menegaskan aksi yang dilaksanakannya dalam rangka mengawal upah sektoral. Sebab pihaknya berkepentingan dengan upah minimum sektoral yang ditentukan oleh daerah.

Saat ini rekomendasi dari Subang ke Jabar belum ada. Padahal itu penting, nantinya menjadi dasar bagi Gubernur menetapkan upah sektoral.

"Kami punya kepentingan di upah sektoral. Jadi kami akan kawal terus UMK dan upah mininum sektoral. Perjuangan ini masih lama. Kalau sudah di tandatangani gubernur baru aman. Jadi ini harus terus dikawal," ujarnya.

Follow Sosmed:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Tim Futsal Putri Univ. Majalengka Juara 1 Open Futsal Turnamen Wil 3 Cirebon dan Priangan https://t.co/cftWqKlKs7
Surprise! Ini Penampakan Wisma Karya Subang Saat Malam Hari https://t.co/y81mjDemrC
Dua Ruang SMPN Ambruk, DPRD Majalengka: Segera Ajukan Bantuan https://t.co/jH9ejRFyom
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page