Tercemar Limbah Pabrik, Air Irigasi Berwarna Hitam dan Bau Busuk

Air irigasi di daerah Kampung Tanjungrasa, Desa Tanjungrasa Kidul, Kecamatan Patokbeusi, Subang kondisinya memprihatinkan. Selain berwarna hitam, air irigasi itu bau busuk. Warga setempat mulai mengeluhkan kondisi ini.

Dampak dari pencemaran air itu, warga mulai mengeluhkan pusing dan mual. Tidak itu saja, tanaman padi dan palawija di daerah tersebut terancam mati. Informasi yang dihimpun, kondisi ini sudah sejak lama terjadi, atau sekitar 2006 lalu. Namun hingga saat ini belum ada tindakan dari aparatur pemerintahan .
 
"Kita minta kepada instansi terkait yang memiliki kewewenangan agar mencegah limbah pabrik dibuang kesungai. Dampaknya mulai terasa oleh warga," kata Warga setempat, Suranta kepada TINTAHIJAU.com.

Ketua LSM Gival Pirdaus menambahkan, akibat air sungai tercemar limbah, berdampak pada perkembangan tanaman padi dan palawija, bahkan bisa mengakibatkan tanaman padi mati. Pirdaus yang gencar menyoroti masalah lingkungan itu, mendesak Dinas Lingkungan Hidup turun tangan dan bertindak.

"Ini sudah cukup lama, tapi sampai hari ini belum juga ada tindakan dari Pemerintah, khususnya Dinas LH. Lah, ini Dinas LH ngapain aja? jangan sibuk ngurus Adipura, sementara yang lain dan beresiko diabaikan," tegas Pirdaus.

Kepala Desa Tanjungrasakidul, Didi Rohadi membenarkan sejak air sungai tercemar limbah pabrik banyak warga yang protes dan mengeluhkan aroma bau tak sedap yang berasal dari air sungai tersebut.

"Limbah pabrik yang dibuang sembarang tempat itu selain mengancam kesehatan warga juga mengancam habitat binatang air seperti Ikan, Kodok dan binatang lainnya mati mengambang di sungai," kata Kepala Desa Tanjungrasakidul, Didi Rohadi.

Tercemarnya air sungai oleh limbah pabrik itu membuat air sungai juga berubah warna menjadi hitam pekat dan mengeluarkan aroma bau tak sedap. [Sandy Zaenudin]



Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Polres Subang Sambut Perubahan Status Menjadi Polresta https://t.co/sS54IQprDV
Hasil Pantauan Udara, BPBD Majalengka: Api di Gunung Ciremai Sudah Padam https://t.co/cvzr1ceVp7
Rumah Warga Dilalap Si Jago Merah, 2 Unit Damkar Subang Dikerahkan https://t.co/lHoDSMjDZM
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page