Follow us:

Kades dan BPD se-Kertajati Minta Nama Bagus Rangin Untuk Nama BIJB

Sejumlah kepala desa wilayah utara Majalengka dari dua kecamatan yakni dari Kecamatan Kertajati.dan Kecamatan Jatitujuh, Selasa pagi (3/4/2018) mendatangi pendopo Majalengka, belasan kuwu dibawah masing-masing koordinator Kepala Desanya sepakat untuk mengajukan nama Bagus Rangin sebagai nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat kepada Bupati Majalengka.

Belasan kepala desa yang dikoordinatori Imam Suherman dan Toto Suharto menemui langsung Bupati Majalengka Sutrisno. Para kepala desa ini mendesak Bupati agar aspirasi mereka disampaikan kepada pemerintah pusah terkait nama BIJB sebelum nanti beroperasi.

"Kami sudah rembugan disetiap pertemuan dengan para kuwu dan sepakat nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat adalah Bagus Rangin," tegas Toto Suharto di hadapan Bupati.

Senada dengan Toto Suharto,  Ketua BPD Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Anwar, menyatakan seandainya akan memberikan nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat maka harus memperhatikan leluhur yang telah berjuang di wilayah utara Majalengka.

"Kami sangat berharap, aspirasi kami ini disampaikan oleh pa Bupati karena para kuwu yang sekarang hadir sepakat untuk nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat mengajukan nama Bagus Rangin," ujar Anwar diaambut riuh tepuk tangan.
 
Sedangkan Kepala Desa Pilangsari Didi Tarmadi , di depan Bupati Majalengka menegaskan pemberian nama Bagus rangin untuk nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat sebagai penghargaan terhadap para leluhur di wilayah utara Majalengka.

Sementara itu menanggapi usulan  nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat dari para kepala desa di wilayah utara Majalengka ini, Bupati Majalengka Sutrisnomengaku Pemkab Majalengja sudah mengusulkan dua nama sekaligus kepada Pemerintah Pusat.

"Kami sudah mengusulkan pada pemerintah pusat dua nama sekaligus yaitu Bagus Rangin dan Abdul Halim. Dalam surat yang kami kirimkan nama Bagus Rangin adalah usulan bama pertama," jelas Bupati.

Karena usulan nama Bagus Rangin sangat kuat datang dari Warga masyarajat sekitar untuk nama Bandar Udara Internasional Jawa Barat, lanjut Bupati maka ia kembali mengirimkan surat pada Pemerintah Pusat dengan usulan nama tunggal hanya nama Bagus Rangin dengan alasan warga setempat minta nama nenek moyang mereka diabadikan.

"Pemkab Majalengka sangat mengapresiasi usulan warga sekitar Bandar Udara agar namanya BIJB Bagus Rangin dengan alasan penghormatan terhadap nenek moyang mereka minta diabadikan." Pungkas Bupati.

Sekedar informasi Bagus Rangin adalah tokoh dari Bantarjati, Majalengka. Bagus Rangin diperkirakan lahir sekitar tahun 1761. Ia tokoh sejarah dan pahlawan yang menentang dan memimpin pemberontakan melawan Belanda pada Perang Cirebon tahun 1805-1812

Bagus Rangin berasal dari demak, distrik Blandong, Rajagaluh (sekarang Rajagaluh menjadi kecamatan Rajagaluh, Majalengka) yang terletak di kaki gunung Ciremai. Dia adalah putra dari Sentayem (Ki buyut Teyom), cucu dari Waridah dan keturunan dari Ki buyut Sambeng, salah satu dari cicit pembesar didaerah tersebut atau dalam Bahasa Cirebon disebut Ki Gede.

Ayah dari Bagus Rangin adalah Buyut Sentayem alias Buyut Tayem. Mempunyai 3 saudara lelaki, kakaknya bernama Buyut Bangin, sedangkan adiknya adalah buyut Salimar dan Bagus Serit. Bagus Rangin mempunyai tiga orang saudara, kakaknya bernama Buyut Bangin dan kedua adiknya bernama Buyut Salimar serta Bagus Serit (Bagus Serit juga menjadi pejuang melawan penjajah). (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Gebyar Senam Sehat & Hoki 2018, HUT Ke-52 RADIO BENPAS SUBANG , Kamis (26 Juli 2018) https://t.co/wyCUhEacnM
Satu dari banyak destinasi wisata alam di Majalengka, adalah Buper Cidewata di Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajag… https://t.co/BLArhFDK9y
[Opini] Kepala Daerah Baru Jangan Korup https://t.co/c4WdRbLktE
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page