FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

PT SUAI Subang Gelar Pembekalan Keterampilan Naker Disabilitas

SUBANG, TINTAHIJAU.com - PT SUAI (Subang Autocomp Indonesia) Cipendeuy, Kabupaten Subang menggelar Pembekalan Keterampilan Kerja Penanganan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas yang terdampak Covid-19.

Pembekalan keterampilan kerja diikuti 20 orang yang semuanya merupakan tenaga kerja penyandang disabilitas di PT Subang Autocomp Indonesia. Sedangkan narasumber atau materi berasal dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Subang, dan instruktur dari Dinas dan perusahaan.

Bupati Subang, Haji Ruhimat memantau langsung kegiatan tersebut. Didmpingi Plt Kepala Disnakertrans Subang Asep Nuroni, Bupati memantau pelaksanaan pembekalan keterampilan tenaga kerja bagi disabilitas itu

Di depan petinggi PT SUAI, Bupati mengatakan Subang sudah memasuki era industrialisasi. Oleh karenanya, jelas Bupati, dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik serta mampu dirasakan oleh masyarakat.

"Subang jangan menjadi penonton, tapi harus menjadi bagian dari kegiatan industrialisasi tersebut. Saya mendorong agar masyarakat usia kerja mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, sehingga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Subang," kata Ruhimat.

lt Kadisnaker Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos, M.Si, dalam Laporan Penyelenggaraan Pembekalan Keterampilan Kerja, Kegiatan Penanganan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja terkait penyampaian nominasi perusahaan penerima penghargaan dan permohonan pelaksanaan kegiatan.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pembekalan keterampilan kerja untuk meningkatkan kompetensi SDM khususnya tenaga kerja penyandang disabilitas di PT Subang Autocomp Indonesia dan untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil terlatih dan siap pakai dalam upaya meningkatkan kuantitas kualitas SDM.

Plt. Direktur PTKDN Kemenaker, Nora Kartika Setyaningrum yang membacakan sambutan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja sesuai amanat dalam UU Nomor 8 Tahun 2016, khususnya terkait Pasal 53 ayat (1).

Dalam UU tersebut Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Sedangkan, di pasal 2, perusahaan swasta wajib memperkerjaan sedikitnya 1 persen penyandang disabilitas diperusahaan itu. Karena amanat Undang-undang wajib dilakukan, maka ini menjadi komitmen bersama dalam rangka mempekerjakan penyandang disabilitas.

"Kegiatan tersebut sangat strategis dalam upaya memperbanyak jumlah pekerja penyandang disabilitas yang hingga kini belum mencapai 2 persen," terangnya.

Pada kesempatan yang sama diserahkan paket bantuan insentif peralatan kerja senilai 40 juta rupiah dalam rangka penanganan tenaga kerja penyandang disabilitas terdapat Covid-19 kepada PT SUAI.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bagaimana Jika Pasangan Kamu Minta Putus? Jangan Galau, Begini Aja https://t.co/63C4ypsKew
Baru Dilantik, Wabup Karawang Tinjau Korban Banjir https://t.co/StBLvmY7iS
Wajib Dicoba! Ayam Tumpah Dengan Pedas Zona Merah https://t.co/qbRvCra4T9
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter