Follow us:

Polisi Tangkap 2 Warga Hendak Jual Kukang ke China

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Majalengka berhasil membekuk pelaku jual beli satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup jenis Kukang Jawa.

Yaya bin Dahyu dan Yana bin Dirja yang keduanya merupakan warga Dusun Citayeum, Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka ditangkap petugas dengan barang bukti 79 kukang jawa.

BACA: Terlilit Utang, Ibu Rumah Tangga di Majalengka Embat Motor Tetangga

"Kedua pelaku mencari kukang jawa dan dikumpulkan di kandang kayu, setelah kukang jawa tersebut terkumpul banyak kemudian rencananya akan mereka jual," kata Kapolres Majalengka AKBP. Mariyono didampingi Wakapolres Kompol Hidayatullah dan Kasat Reskrim AKP. M. Wafdan Muttaqin.

"Pelaku sudah 2 bulan mengumpulkan 79 ekor kukang yang rencananya akan mereka kirim ke Cina melalui Pelabuhan Surabaya, dengan harga per ekor Rp300 ribu," imbuh Kapolres.


BERITA TERKAIT:
6 Fakta Suami Bunuh Istrinya yang Jasadnya Dibuang di Kebun Karet di Subang
Polres Majalengka Tangkap 4 Pencuri Sarang Walet, 1 Pelaku Ditembak
Buruh Majalengka Cabuli Dua Murid TK di Rumah Kosong


Atas perbuatannya dua pelaku dijerat pasal 21 ayat 2 huruf (a) jo pasal 40 ayat 2 huruf (a) UU RI Nomor. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati jo lampiran Nomor 74 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis tumbuhan dan satwa yg dilindungi. Dengan ancaman hukuman 5tahun penjara.

Puluhan Kukang Jawa yang berhasil diamankan Polres Majalengka ini rencananya akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1

Twitter Update

Belasan Pot Bunga di Alun-alun Subang Dirusak Orang Tak Dikenal https://t.co/jRPYlaiiLa
Pemkab Majalengka Lelang 5 Jabatan Strategis https://t.co/5mEimHI8Y0
Di luar Ekspektasi, Warga Subang: Debat Capres Seperti Cerdas Cermat https://t.co/KHiXSwzuDq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page