Polres Majalengka Bekuk Warga Penjual Hewan Langka

Satuan Reserse Polres Majalengka  berhasil membekuk seorang pelaku yangjual beli hewan langka. Selain memnggelandang elaku, polisi juga mengamankan sejumlah hewan yang diuperjual belikan ke Mapolres Majalengka

FN warga Desa Jl. A. Kusuma Gg. Kopo II RT 05/01 Kelurahan Majalengka Wetan ditangkap petugas Satreskrim Polres Majalengka di kediamannya. FN ditangkap karena menjual hewan langka. Dari rumah FN, Polisi juga membawa barang bukti berua hewan langka 2 ekor Landak Jawa dan 1 ekor Kukang.

Kapolres Majalengka AKBP. Mariyono, SIK, M.Si didampingi Kasatreskrim Polres Majakengka AKP. Muhamad Wafdan Muttaqin, SIK,
menjelaskan tersangka terbukti melakukan tindak pidana menyimpan dan memiliki memelihara dan memperniagakan satwa yang dilindungi.

"Tersangka mendapatkan hewan langka dari pemburu kemudian melakukan transaksi jual beli hewan langka melalui medsos facebook dan COD dengan memberi tarif 300ribu rupiah per satu ekor hewan," kata Kapolres saat jumpa Pers Senin (12/11/2018)

Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 21 ayat 2 hurup a jo pasal 40 ayat 2 UU RI No.5 tahun 1990 tentang konservasi daya alam hayatj dan ekosistem dan jo Permen lingkungan hidupdan kehutanan RI no. P2d/MENLHK/SETJEN/KUM.I/6/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang didi dungi.

"Atas perbuatannya tersangka dipidana dengan penjara paling lama 10tahun penjara dan  denda paling banyak 100 juta rupiah," papar Kapolres.

Sementara itu selain mengamankan hewan langka dari teraangka FN, Petugas juga menerima penyerahan hewan langka dari masyarakat diantaranya Nuri Bayan, Nuri raja ambon, Kaka tua jambul kuning, Kadal berjumbai dan Trenggiling.

"Merupakan atensi Kapolri untuk memberantas perdagangan hewan langka. Sehingga hewan langka yang kami amankan langsung kami serahkan ke BKSDA yang nantinya akan kembali dilepaskan ke alam," pungkas Kapolres. (Echa)

FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 3
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Sehari Jelang Pensiun, Plt Bupati Subang Lantik 20 Kades https://t.co/P3zUNzuLL2
KPK Dikabarkan OTT di Kementerian Pemuda dan Olahraga https://t.co/gIp23tUIQ5
Sempat Panik, Ratusan Pejabat dan Kades di Sumedang test Urine https://t.co/xoP8781Jf1
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page