FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Polisi Tangkap Enam Pelaku Pungli di Objek Wisata

Enam pelaku pungutan luar dan pemalsu tiket objek wisata Pantai Tanjungpakis, Karawang dibekuk jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Karawang. Dari tangan mereka polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 839 ribu, 93 lembar tiket palsu, dan satu bundel tiket masuk Pantai Tanjungpakis asli.

Keenam pelaku pungli itu adalah IS, CM, YY, SK, KT dan YD. Mereka penduduk setempat, yakni warga Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya. "Keenam pelaku itu terjaring dalam operasi tangkap tangan Polres Karawang," ujar Kepala Polres setempat, Ajun Komisaris Besar Slamet Waloya, saat melakukan ekspose kasus tersebut, Minggu 24 Juni 2018.

Menurut Slamet, para pelaku melakukan aksi pungutan liar dengan cara memalsukan tiket tanda masuk. Mereka memungkut uang sebesar Rp 20 ribu per pengunjung. Padahal pungutan resmi yang diberlakukan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Disbudpar) Karawang hanya Rp 10 ribu per pengunjung.

Setelah menerima uang dari pengunjung, lanjut Slamet, para pelaku memberikan tiket masuk objek wisata Pantai Pakisjaya palsu kepada pengunjung. "Mereka memalsukan tiket masuk dengan cara discan dari tiket yang asli, tetapi nominalnya sudah di mark up," kata Kapolres.

Akibat perbuatan mereka, sambung Slamet, para pengunjung objek wisata Pantai Pakisjaya dirugikan. Sebab, para pengunjung harus membayar lebih mahal tiket masuk, bahkan mencapai dua kali lipat dari harga yang sesui ketentuan.

Disebutkan juga, untuk masuk ke Pantai Tanjungpakis, pengunjung harus melewati empat pintu. Di setiap pintu pengunjung harus membayar sesuai keinginan enam oknum tersbut. "Untuk melalui empat pintu, pengunjung harus mengeluarkan uang Rp 80 ribu. Hal itu sangat merugikan pengunjung," kata Kapolres.

Disebutkan juga, ke enam pelaku itu dijerat pa Pasal 263 ayat (2) KUHP dengan hukuman pidana penjara enam tahun. "Kami berharap penangkapan ini bisa menumbulkan efek jera kepada mereka dan para pelaku pungli lainnya," ujar Slamet Waloya. [pikiran rakyat]


Dapatkan kilasan berita lainnya via:

Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

Jarak Kelahiran Terlalu Dekat Punya Dampak Buruk Bagi Anak https://t.co/NVqCdl9kKK
Ekslusive! TPA Panembong Subang Terbakar Hebat https://t.co/duS8OF2zZ8 https://t.co/BLSi65mbWP
UU SDA Disahkan, PKS: Kedaulatan Rakyat Atas Air https://t.co/FOsioBB9Bw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page