Petani dan TNI Bersatu Basmi Wereng Coklat di Patokbeusi Subang

Puluhan petani dan anggota koramil melakukan penyemprotan massal membasmi hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi yang baru berumur sekitar 60 hari di daerah Kampung Buwer,Desa Rancajaya, Kecamatan Patokbeusi, Subang, Kamis (11/1/2018)

Tanaman padi sekitar 40 hektare itu selain terserang wereng coklat juga diserang hama kredil rumput yang membuat sebagian tanaman padi daunnya menguning dan akarnya tidak subur.

"Hama wereng coklat menularkan virusnya ke tanaman padi itu melalui hisapannya, Jika sudah terinfeksi virus wereng coklat tanaman padi daunnya akan menguning," kata Petugas, Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman ( BBPOPT ) Cahyadi Irwan kepada TINTAHIJAU.com.

Jika tanaman padi sudah menguning tentunya harus cepat ditangani dengan cara penyemprotan obat insektisida  yang sudah ditentukan. "Hama wereng coklat itu virusnya luar biasa jika tanaman padi sudah terinfeksi sulit untuk diobati cara satu-satunya adalah mencabut tanaman padi itu kemudian dikubur dilokasi yang aman,"katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Mekar Tani Dua, Rasman (52) mengatakan, setelah adanya penyemprotan dan sosialiasi pencegahan hama wereng diharapkan kedepan hasil panen padi masyarakat di daerah ini akan melimpah.

"Tanaman padi jenis Inpari 30 ini ditanam di lahan sawah seluas 40 Ha saat ini kondisinya lumayan baik namun ada sebagian batang padi terinfeksi virus kredil rumput,"kata Ketua Kelompok Tani, Rasman.

Ia mengatakan, setelah ada campur tangan dinas pertanian setempat tentang pencegahan hama wereng coklat diharapkan hasil panen padi nantinya lebih menguntungkan dan melimpah.

Dalam agenda itu hadir, Kepala UPTD Patokbeusi Maman Abdurachman, Petugas BBPOPT Cahyadi Irwan, Kapt Inf Sandi, Kades Edi Permana, Tokoh Masyarakat dan Petani. [Sandy Zaenudin]


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
 


Banner Kanan 1

Twitter Update

Jenazah TKI/PMI asal Subang, Muhamad Zeni tiba di rumah duka di di Cigugur Kidul, Kecamatan Pusakanagara, Subang… https://t.co/3SuoCqd9rw
Informasi lowongan kerja di Kabupaten Subang https://t.co/XElYsAouO9
Warga Desa Singawada Doakan Karna Sobahi Jadi Bupati Majalengka https://t.co/yGR5oEbGuA
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page