FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pelabuhan Patimban Bisa Dongkrak Ekonomi Warga Pantura Subang

TINJAU SUBANG- Keberadaan Pelabuhan Internasional Patimban di daerah Pusakanagara, Subang akan berdampak signifikan pada meningkatnya ekonomi warga setempat.

Hal itu disampaikan Sekda Jabar Iwan Karniwa saat berkunjung ke Pemkab Subang, Kamis (28/4/2016). Iwa menuturkan, dengan hadirnya tol Cipali, ekonomi warga Pantura mengalami penurunan. Ini disebabkan, ribuan kendaraan yang biasa melintas di jalur pantura beralih ke Tol Cipali.

"Adanya tol Cipali, ekonomi jadi menurun, karena usahanya sepi. Dengan adanya Pelabuhan Patimban, ini akan mempercepat ekonomi masyarakat khusunya di pantura," kata Iwa kepada TINTAHIJAU.com, Kamis (28/4/2016).

Rencananya, pada 2017 mendatang akan dimulai aktivitas pengerjaan. Dengan begitu, pada 2019 mendatang pelabuhan Patimban ini sudah bisa digunakan.

Iwa menjelaskan rencananya pembangunan tahap I fase I akan dianggarkan dalam APBN 2017 sebesar Rp113,5 miliar oleh Kementerian Perhubungan. Dana itu untuk pmbangunan terminal kontainer dan terminal kendaraan serta pengerukan 10 meter.

Selain itu, Iwa memastikan untuk fisik pelabuhan tahap I fase I akan didanai pihak luar. salah satunya dari Jepang. Menurut dia, Pemerintah sudah menghitung setidaknya dibutuhkan dana lebih dari Rp17 triliun sampai operasional berlangsung. Nantinya, pembangunan akan berlanjut ke fase II dan tahap II dengan kapasitas lebih besar.

Untuk mengejar target pelaksanaan pada 2017, ada beberapa yang harus segera dituntaskan. Iwa menyebutkan, seperti Perda RTRW di Subang, yang semula disebut pelabuhan regional menjadi pelabuhan utama internasional.

Sementara untuk di level Jabar, zonasi laut juga harus dilakukan penyesuaian serta izin Amdal. "Dalam waktu cepat, mudah-mudahan tahun ini selesai. Tahun ini semuanya harus sudah beres," katanya.


Follow twitter @tintahijaucom | FB: Berita Tintahijau

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Entah Halu atau Memang Sangat Imajinatif, Seniman Ini Jual Patung Tak Kasat Mata Seharga Rp250 Juta https://t.co/wha5086o3l
Innalillahi, Kasus Covid-19 di Subang Bertambah 238 Orang Pada Jumat 18 Juni 2021 https://t.co/95k0MSMQYa
Catat! Ini 26 Poin Seputar Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Subang https://t.co/A7qsPccEXm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter