FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dampak Kemarau Panjang, Penjualan Pupuk Kujang di Subang Lesu

TINJAU SUBANG- Penyerapan pupuk kujang di wilayah Kabupaten Subang, hingga akhir tahun ini, baru 75%. Ini, salah satunya disebabkan faktor cuaca atau masa kemarau panjang.

Manager Humas PT. Pupuk Kujang Cikampek, Ade Cahya Kurniawan mengatakan, stok pupuk untuk wilayah Subang sesuai Pergub, sebanyak 47.637 ton. Sementara yang terserap baru 75% atau sebanyak 35.729 ton.

"Kendala yang dihadapi dalam penyaluran pupuk adalah musim kekeringan yang mengakibatkan penyerapan berkurang," kata Ade kepada TINTAHIJAU.com saat konpres di Dawuan, Kamis (17/12/2015).

Ade memaparkan penyaluran pupuk untuk petani di Kabupaten Subang, pupuk jenis NPK dari 28.810 ton sesuai Pergub yang terserap 3.769 ton atau sekitar 13.08%, pupuk jenis organik dari quota 8.000 ton terserap 2.203 ton atau 27.54%.

"Stok yang tersedia untuk wilayah Subang adalah untuk jenis urea sebanyak 9.670 ton, NPK 239 ton, dan organik sebanyak 517 ton," jelasnya.

Sementara untuk Jabar, pada 2015 ini dari 581,250 ton kebutuhan sesuai Pergub, sementara yang terserap baru sebesar 76,3% atau sebanyak 443.681 ton. "Sisanya ini menjadi stok untuk tahun depan," jelasnya.

Lebih jauh, Ade menyatakan, jumlah kios resmi Pupuk Kujang di wilayah Subang sebanyak 258 kios yang tersebar di wilayah Subang. Sementara jumlah distributor berada di 10 titik, diantaranya di Jalancagak, Cisalak, Tanjungsiang, dan Kasomalang. Di lokasi ini berada di naungan PT. Loyal Perkasa.

Sementara di daerah utara, distributor berada di daerah Blanakan dan Ciasem. Keduanya berada di naungan CV Warga Mandiri. Sedangkan di Kalijati berada di PT Dinamika Kembar Umbar dan di Pagaden berada di naungan di PT Bumi Persada Sejati.

"Kios resmi tidak hanya harus ada SIUP dan PDP saja, tapi harus ada kerjasama dengan pupuk kujang, dipasang plang Pupuk Kujang, dan mencantumkan HET," jelasnya. [Annas Nashrullah | @JejakAnnas]

 

Foto: Manager Humas PT. Pupuk Kujang Cikampek, Ade Cahya Kurniawan

 

Follow twitter @tintahijaucom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Berhubungan Intim Ternyata Bisa Sembuhkan Beberapa Penyakit Ini https://t.co/hxCe84oiRu
KITA Cirebon Dekalarasi di TPA Kopi Luhur Bersama Pemulung https://t.co/hi4twvotnY
Tok! DPRD Subang Sahkan APBD Perubahan 2020 https://t.co/GWuwEQfM1Y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter