FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Nelayan Terlilit Utang, TPI Blanakan Gulung Tikar

 

Hinnga kini Selain alasan itu, faktor yang mengakibatkan bangkrutnya TPI Mina Laksana adalah banyaknya tengkulak yang membeli ikan dari nelayan dengan memberi modal untuk membeli perahu dan peralatan serta mengikat nelayan membeli dengan harga murah.

"Pelelangan ikan sudah empat  tahun ini tidak berfungsi, karna terkendala modal. Untuk membuka pelelangan di butuhkan minimal modal Rp2 milyar. waktu saya menjabat ketua tahun 2006sering dapat bantuan dari pemerintah berupa mesin dan peralatan nelayan," kata Taryadi kepada TINTAHIJAU.com.

Meski demikian, nelayan di daerah Blanakan tetap menjalankan aktivitasnya. Hasil tangkapan para nelayan itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. "Untuk sementara hanya lelang darurat saja.kebanyakan nelayan disini menjualnya bukan ke pelelangan tetapi ke timbangan atau langgan masing-masing," paparnya.

Dari pantauan, kondisi TPI Mina Laksana terbengkelai  tampa aktivitas jual beli ikan, membuat gedung yang di bangun tahun 2003 ini menjadi rusak karna tak terawat  lantai yang mulai retak dan atap yang bocor terkena rembesan air hujan membuat pelelangan ikan ini semakin rusak kondisinya.

Taryadi berharap, pemerintah bisa membantu guna menghidupan kondisi TPI. Menurut Taryadi, sebagian besar masyarakat Muara Baru adalah sebagai nelayan. di TPI itu, pada musimnya, dalam sehari nelayan Blanakan bisa mencapai 1 ton ikan. "saya berharap pemerintah turun tangan untuk membantu permodalan nelayan muara  blanakan cilamya girang agar tempat pelelangan ikan bisa berjalan kembali dan nelayan terbebas dari hutang para tengkulak' pungkas Taryadi. [jody winata l @jodywinata].


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Terlibat Jaringan Bom Bekasi, Seorang Warga Subang Ditangkap Densus 88 https://t.co/5XJR9k7Sya
Keripik Singkong dari Ligung Majalengka Digemari Pasar Bali https://t.co/CNhkV9SqMZ
Hadiri Pekan CSR PT. Dahana, Wakil Bupati Subang Ajak Perusahaan Berkontirbusi https://t.co/5fRGJGw4tf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page