FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cara Mengatur Biaya Operasional dan Kepemilikan Mobil Biar Tidak Jebol Kantong

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Memiliki mobil, seseorang tentu harus siap dengan segala biaya yang muncul. Karena tanpa kepemilikan dana yang cukup, arus kas bulanan Anda bisa makin terganggu dan alhasil aset lancar (tabungan, kas, dan setara kas) yang dimiliki terkuras tanpa diketahui.

Sebagai sebuah aset yang nilainya mengalami depresiasi, harga mobil tidaklah murah. Seperti yang pernah disinggung Lifepal sebelumnya, pemilik mobil wajib memiliki perencanaan keuangan yang baik ketika mereka memutuskan untuk membeli mobil pribadi.

Salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan bagi pemilik mobil adalah adanya ketersediaan biaya operasional mobil beserta dana darurat. Kedua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda. Lantas bagaimana cara mempersiapkan biaya operasional dan dana darurat bagi pemilik mobil? Berikut cara dan perhitungannya.

Sisihkan sedikit uang setiap bulan untuk tabungan dana darurat mobil

Pada intinya, dana darurat akan sangat dibutuhkan untuk melakukan pergantian suku cadang dan servis rutin ringan. Lantas berapakah jumlah dana darurat yang ideal untuk mobil Anda?

Mengukur besaran tabungan dana darurat tentu tidak sama dengan dana darurat pribadi Anda. Besaran dana darurat untuk mobil tentu tidak akan disesuaikan dengan pengeluaran, melainkan harga komponen mobil yang memiliki diganti rutin. Gunakan metode seperti di bawah ini:



Dalam kasus di atas, seseorang membutuhkan dana darurat khusus untuk pergantian suku cadang mobilnya sebesar Rp 6,18 juta.

Apabila dalam suatu waktu ketersediaan dana tersebut berkurang sebesar Rp 500 ribu karena si pemilik harus ganti oli, filter oli, dan membayar jasa mekanik, maka nominal dana harus dikembalikan dalam jumlah awal. Hal itu disebabkan karena proses pergantian oli dalam setahun tentu lebih dari satu kali.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam biaya lain-lain bisa mencakup ongkos jasa mekanik baik mekanik bengkel, mekanik panggil ke rumah, atau keperluan lain yang bersifat tidak diekspektasi dan berkaitan dengan kecelakaan.

Sisihkan uang 1% atau maksimal 5% dari penghasilan bulanan ke rekening tersebut pengeluaran mobil untuk kebutuhan darurat.


Bedakan biaya operasional bulanan dan tahunan...

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kemunculan Angin Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Gegerkan Warga Wonogiri https://t.co/jd6uZvuq1h
SADIS! AKSI PENCURIAN DENGAN MODUS SIRAM AIR KERAS | KORBANNYA IBU MUDA https://t.co/eoQbR9MesI
Periksa 28 Saksi, Kejari Subang Sudah Kantongi Nama Calon Tersangka Baru Kasus SPPD Fiktif https://t.co/1Gq1IwuALX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter