FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dihantam Wabah Corona, Tukang Sol di Jatiwangi Seharian Cuma Dapat Rp0

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Dihantam wabah Corona, sejumlah profesi nonformal mulai menjerit. Pendapatan seret, namun pengeluran harus ditunaikan.

Kondisi ini dialamai, diantaranya, Jasa Sol Sepatu Sandal di daerah Jatiwangi. Otong, tukang sol sejak tahun 1978 itu kini mengeluhkan sepinya orderan sejak Corona mewabah.

"Baheula mah saacan aya corona teh nu rek ngaresol sok loba nepi ka sore oge, ayeuna mah mani hese pisan (dulu sebelum corona orang yang ngesol banyak aja sampe sore, sekarang mah susah pisan)," ujar Otong.

Saat ditemui di tempat usahanya, Otong tampak santai dan lebih banyak ngobrol dan sesekali menyeruput kopi hitam yang sudah dingin. Lapak usahanyapun, dibiarkan seperti sedang tidak melayani jasa sol.

Pemandangan ii kontra dengan sebelum Corona mewabah. Sehari, Otong bisa melayani 10 orang. Untuk satu kali sol, Otong mendapatkan Rp15 ribu. Dalam sehari, dia bisa mendapatkan 10 klien. Artinya, dalam sehari Otong bisa membawa pulang Rp150 ribu untuk keluarganya.

"Biasanya sehari bisa sampai 10 orang, sekarang seharian sepi, belum ada yang datang, ya terpaksa pulang gak bawa uang" tutur bapak dari empat anak ini

Soal bantuan dari relawan atau intansi bagi warga atau pekerja nonformal terdampak corona, Otong mengaku, hingga saat ini, dia baru menerima masker atau hand sanitizer. Sementara untuk sembako, aku Otong, dia belum menerimanya

"Kalau masker sudah banyak yang ngasih, tapi itu bukan solusi bagi saya karena walau bagaimanapun kebutuhan hidup sehari hari saya gak ada karena Corona ini," terangnya



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Majalengka Tiadakan Panggung Hiburan HUT RI https://t.co/LUC1N6naHt
Netizen Sorot Kegiatan Camping Ground Pejabat Subang https://t.co/VKOlWonbwy
Bupati Majalengka dan Keluarga Tes Swab, Sekda Ungkap Hasilnya https://t.co/mpcOnLvkML
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter