FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menengok Budidaya Jamur Tiram di Kampung Sukamulya Cisalak Subang

CISALAK, TINTAHIJAU.com - Seperti komoditas lain pada umumnya, Jamur Tiram merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat.

Selain teksturnya yang lembut, Jamur Tiram juga terbilang mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan. Terpenting, dalam Jamur Tiram mengandung banyak manfaat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, membantu mencegah kanker, sumber vitamin B3 dan meningkatkan kolagen.

Budidaya Jamur Tiram di Subang bisa didapati di Kampung Sukamulya, Desa Sukakerti, Cisalak. Di kampung ini, warga memilih budidaya Jamur Tiram sebagai pemasukan sehari-harinya

Nining Nurhayati, salah satunya. Dia sudah setahun membudidayakan Jamur Tiram. Berbeda dengan kebanyakan Nining memilih metode log dalam budidaya Jamur.

Metode ini dipilih, selain efektif, juga meringankan biaya produksi. "Kami menggunakan metode Log dalam budidaya Jamur Tiram, sengaja karena tidak ribet. Cukup dengan serbuk kayu gergaji ditambah dedek," kata Nining Nurhayati kepada TINTAHIJAU.com, Rabu, (15/01/2020).
 
Nining menuturkan, usaha yang ia tekuni dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini terinspirasi dari tetangga yang lebih dahulu mengembangkan usaha tersebut. "Tadinya saya mau mencoba ternak ayam sayur. Cuma karena pertimbangan potensi kerugianya cukup tinggi saya mengurungkan niat. Kebetulan ada tetangga yang lebih dahulu yang bergerak di Log, saya tanya-tanya. Akhirnya saya tertarik dan memulai usaha ini," paparnya

Saat ini, Nining memiliki 5.000 Log. Dalam satu hari, Nining bisa memanen 10 Kg sampai 15 Kg. Sementara pada saat musim panen raya, Nining bisa memproduksi sampai 30 Kg per-hari.  Jamur Tiram Nining, untuk memenuhi permintaan konsumen di Jabar lewat salah seorang bandar Jamur. Nining membandrol Rp10 ribu perkilogram.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Baca Nota Pengantar RAPBD Perubahan, Wabup Subang Bingung 2 Halaman Terakhir Hilang https://t.co/QyK9YXnjSO
Puluhan Mobil Hunter Polres Majalengka Disiapkan Buru Warga Tak Pakai Masker https://t.co/T04PkMJ395
Asep Rochman Dimyati Resmi Pimpin APINDO Subang https://t.co/WlGokBlfyu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter