Manisnya Jambu Kristal Sukahaji di Musim Kemarau

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Puncak kemarau di pertengahan Oktober di Majalengka berdampak pada salah satu komoditas buah-buahan salah satunya Jambu Kristal. Walau ukuran jambu tak sebesar di musim penghujan, namun rasa jambu kristal jauh lebih manis.

Mendatangi langsung ke kebun Jambu Kristal terbesar di Majalengka milik H. Runa Heriyanto (65) yang berlokasi di Blok Wage Desa Jayi, Kecamatan Sukahaji, Majalengka. Para pekerja nampak sibuk memetik dan mengangkit Jambu Kristal di lahan seluas 17 hektar Sabu (12/10/2019). "Alhamdulillah walaupun kemarau panjang Jambu Kristal dati Desa Jayi tetap bagus bahkan jauh lebih manis," ungkap Heri pada TINTAHIJAU.com.

 

BERITA TERKAIT:

Mangga Gedong Gincu Majalengka Oleh-oleh Favorit Pemudik

Daging Durian Sinapeul Majalengka Banjiri Pasar Jakarta

5 Olahan Nanas Khas Subang yang Patut Dicoba di Rumah, Lezat!



Kesuksesan Heri sebagai Petani Jambu Kristal setidaknya bisa memanen 1,5ton sehari atau sekitar 100ton dalam setahun dalam 2x musim panen atau musim petik.

"Musim panen jambu dalam setahun 2x yaitu per enam bulan. Sehingga omzet kotor Jambu Kristal ini bisa mencapai 1milyar dalam 1x musim panen, dengan biaya perawatan tanaman dan upah pekerja yang sangat tinggi yaitu Rp 800juta sehingga keuntungan dalam 1xmusim panen hanya Rp 200juta saja," paparnya.

Saat ini Jambu Kristal milik Heri jatuh dijarga Rp 12ribu hingga Rp 15ribu/Kg, konsumen yang datang sebagai Reseller akan datang langsung ke kebun Heri untuk dijual kembali di daerahnya masing-masing.

"Jambu Kristal Jayi sudah tidak asing dikalangan masyarakat, pembeli dari Ciayumajakuning banyak yang datang langsung ke lokasi kebun," katanya.

Kini, Heri sedang melakukan pencangkokan sebanyak 200ribu cangkok pada pohon Jambu Kristal miliknya sehingga bulan Januari 2020 mendatang cangkokan Jambu Kristal milikn

ya sudah bisa dipindahkan pada polybag dan siap dipasarkan.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Penampakan Rumah Unik dengan Lebar 1 Meter, Viral di Jagat Maya https://t.co/AFHWGc2CGI
Polres Majalengka Bagikan Masker di Rest Area Km 166 Tol Cipali https://t.co/pIIFSVvXSp
Pegiat Lingkungan dan Seniman Majalengka Respon Aksi Warnai Batu Sungai https://t.co/WqUOsjboOt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter