FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

     

     

     

Inovasi Produk Rotan asal Majalengka Tembus Pasar Eropa

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Sejak tahun 80-an Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi,  Majalengka, merupakan sentra pengrajin rotan. Seiring berjalannya waktu, generasi muda Desa Leuwilaja tidak lagi meneruskan kerajinan rotan yang pernah dirintis generasi terdahulunya.

Asep Saefullah warga Blok Rabu RT 08 RW 03 Desa Leuwilaja,  Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Adalah salah satu generasi muda yang peduli untuk kembali melestarikan rotan yang pernah berjaya tahun 80-an di Desa Leuwilaja.

BERITA TERKAIT:

Telur Jangkrik, Jadi Bisnis Alternatif Warga Majalengka yang Menggiurkan

Berawal dari Iseng, Warga Majalengka Meraup Puluhan Juta dari Cemilan Jengkol

Berkat Zakat, Kuliner Khas Cirebon Siwang Juara Kembali Menggeliat

Ia mengaku, saat ini lebih fokus pada inovasi produk rotan sehingga ada perbedaan dengan produk yang dibuat orang tuanya yang terkesan pasaran.

"Baru tujuh bulan ini saya melakukan inovasi produk seperti jam dinding, pigura, cermin, tas, kursi, ranjang, pas bunga, tempat tissue dan lain-lain, dengan memanfaatkan pemasaran melalui media sosial," kata Saeful Selasa (8/10/2019).

Diakuinya, walaupun usaha yang digelutinya baru berumur bulanan, namun sedikit demi sedikit produk berupa akesories dan kerajinan rotan dengan brand Karvala ini mulai banyak dikenal orang.

"Alhamdulillah, ditengah minimnya generasi pembuat rotan maka saya mulai merintis dengan memberi merek Karvala dengan harga yang saya lempar ke pasaran dari Rp15 ribu hingga Rp250 ribu," urainya.

Untuk kelancaran produksinya, dia dibantu 5 orang perajin rotan dengan pesanan terjauh yaitu ke Eropa yakni ke Jerman dan Prancis dengan pesanan berupa kursi rotan dan ranjang.

"Saya berharap generasi muda Leuwilaja, termotivasi menghidupkan kembali kerajinan rotan sebagi usaha yang pernah digeluti para orang tua kami dahulu," pungkasnya.  


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, Subang Akhirnya Zero Kasus Covid-19 https://t.co/BCv3xnNx4K
Kabar Gembira! Karyawan Bergaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Bantuan Rp600 Ribu/Bulan https://t.co/teG4R6uTuw
Ratusan PNS Subang Dites Swab, Dan Inilah Hasilnya https://t.co/w2W6bhUApV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter