FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Harga Cabai Rawit Naik, Petani di Majalengka Bergembira

Petani cabai di wilayah Kabupaten Majalengka, saat ini mengaku bersyukur atas tingginya harga komoditas strategis seperti cabe rawit yang dijual di pasaran.

"Dampak dari tingginya harga cabai jelas kita merasakannya, karena katakanlah kalaupun produksi cabai turun tapi dengan harga yang tinggi sekarang ini kita tertolong juga," kata petani cabai rawit hijau Desa Maja Selatan Egi Setiawan Senin (15/10/2018).

Menurut dia, manfaat positif dari tingginya harga cabai di Majalengka sudah dirasakan sejak cabai mengalami kenaikan beberapa waktu lalu, sebab setidaknya petani bisa menjual cabai hasil panen dengan harga lebih tinggi dibanding biasanya.

Egi bersama sejumlah petani di Desa Maja lainnya masing-masing menyewa lahan seluas 500 meter persegi untuk ditanami cabai jenis cabai rawit. Harga cabai  rawit saat ini dijual pedagang pasar dengan kisaran Rp39 ribu per kilogram.

Dengan demikian, kata dia, meskipun produksi panen cabai pada musim tanam sekarang ini tidak maksimal karena faktor cuaca, namun dengan tingginya harga cabai tersebut menjadi berkah, karena petani meraih keuntungan besar.

"Jadi meski sekarang musim tanam dengan perawatan yang ekstra karena banyak hama dan hasilnya turun kita tertolong dengan harga tinggi. Kalau musim kemarau serangan hama lebih kecil, produktivitas tinggi tapi harganya pasti turun," katanya.

Dia menuturkan, para petani berharap harga komoditas hortikultura itu nantinya tidak selalu mengalami perubahan yang signifikan, seperti yang terjadi selama ini terkadang harga naik drastis, namun pada kesempatan waktu lain turun drastis.

"Yang petani inginkan sebenarnya bukan harga yang fluktuatif naik, namun kestabilan harga saja, agar bisa menikmati harga. Karena kalau fluktuatif tinggi itu hasilnya bisa untuk beli motor, tapi nanti kalau musim berikutnya harganya 'drop' kita bisa jual motor," tuturnya.(Echa)

Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Line: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

DPRD Subang Desak Usaha Galian Ilegal Ditindak https://t.co/dYoumMi7vg
Tidak Hanya Dialami Orang Tua, Stress Juga Bisa Dialami oleh Anak-anak https://t.co/AfIRtx0jJs
TINTAHIJAUcom Dianugrahi Sebagai Pelopor Media Siber di Subang https://t.co/JBn1jdohcv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page