Follow us:

Harga Cengkeh Tak Stabil, Petani Cengkeh Majalengka Menjerit

Sejumlah petani cengkeh di wilayah selatan Kabupaten Majalengka mengeluhkan tidak stabilnya harga cengkeh di pasaran. KOndisi itu menyebabkan penghasilan petani cengkeh tidak jelas bahkan menurun.

Salah seorang Petani Cengkeh Otong mengatakan harga cengkeh setiap hari berubah. Misalnya hari ini Rp100 ribu perkilogram, besok berubah dan mengalami penutunan menjadi Rp90 ribu sampai RpRp80 ribu perkilogram. Kondisi itu, menurut Petani Cengkeh asal Banjaran itu, pendapatan petani mengalami penurunan drastis.

Otong berharap pemerintah intervensi terkait harga ini. Sehingga, harga di pasaran jelas dan tidak dikendalikan tengkulak atau bandar. Meskipun dia tidak menafikan, anjloknya harga cengkeh itu karena melimpahnya cengkeh pada awal bulan ini.

"Naik turunnya harga cengkeh ini terlalu cepat dan hanya tengkulak yang bermodal besar yang untung gede, soalnya mereka bisa memborong cengkeh sewaktu murah dan menjualnya ketika harga mahal, sedangkan petani tidak bisa berbuat apa-apa sebab kalau cengkeh tidak cepat dijual akan tua dan berjatuhan daripada rugi terpaksa dijual ke bandar," kata OPtong

Seorang bandar Cengkeh di Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Ati mengaku dia biasanya memang memborong cengkeh ketika murah dan menjualnya ketika mahal. "Kami membeli dari petani juga tidak memaksa kok,  kami juga gambling spekulasi,  misal sekarang kami memborong cengkeh harga 90 ribu per kilogram sebanyak 3 ton,  bulan depan kami menjual seharga 100 ribu per kilogram itu kami untung,  tapi kalau bulan depan harga cengkeh turun 80 ribu per kilogram ya kami juga rugi, "ungkap dia.

Ati mengungkapkan pihaknya biasa membeli cengkeh kering yang sudah dijemur maupun cengkeh basah yang masih di pohon atau yang baru dipetik dari pohon dan kemudian dijual lagi dijual lagi ke bandar yang lebih besar. "Bandar besar ini yang menjual ke pabrik rokok atau pabrik obat,  makanan yang menggunakan bahan baku cengkeh, "pungkas dia. (Abduh)



Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Guru SD jadi Primadona Ribuan Pelamar PNS di Majalengka https://t.co/KDflrFMPXS
Hilang Setahun di Hutan Cikole, Kerangka Mak Titing Ditemukan di Daerah Ciater https://t.co/r9K0UqN7Ns
Soal Bonus Atlit, Plt Bupati Subang 'Lempar Bola' ke KONI https://t.co/4tBtdxpeDt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page