Produk UKM Majalengka Bidik Peluang Bisnis di Area BIJB

MajalengkaMart yang merupakan wadah produk UKM di Majalengka, ambil peluang dengan keberadaan Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB). Mereka ikut proses seleksi tenant area komersial terminal penumpang BIJB yang digelar di Bandung.

Pengelola MajalengkaMart Asep Rachmat Effendi menerangkan berharapo ikut ambil posisi dengan keberadaan BIJB. Dengan begitu, usaha yang bergerak di bidang handycraft produk UKM/UMKM warga lokal itu bisa ikut menikmat dampak dari keberadaan BJB.

"Saat ini kami sedang mempromosikan produk hasil kreativitas dari masyarakat/UKM yang ada di Majalengka. Alhamdulillah dengan adanya MajalengkaMart mereka terbantu dalam promosi dan penjualannya. Untuk menjawab tantangan dengan adanya BIJB ini kami juga berusaha menjual produk masyarakat tersebut dengan cara ikut seleksi tenant ini," kata Aep kepada TINTAHIJAU.com

MajalengkaMart menyediakan berbagai produk lokal oleh-oleh khas Kabupaten Majalengka. Produk tersebut merupakan hasil kreativitas dari masyarakat, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)/UKM yang ada di Kabupaten Majalengka berupa olahan makanan, minuman serta kerajinan tangan.

Jika MajalengkaMart itu bisa masuk di BIJB, Asep berharap dapat membantu meningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Kabupaten Majalengka. "Mudah-mudahan dengan mengikuti seleksi di BIJB ini kita berusaha untuk memfasilitasi masyarakat dan UKM yang ada di Majalengka. Bisa atau tidaknya nanti tergantung dari hasil seleksi nanti yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan masyarakat Majalengka," tandasnya.

Sementara itu pemerhati sosial Eman Kurdiman  menyatakan dengan hadirnya BIJB di Majalengka pasti akan menimbulkan berbagai dampak, salah satunya dampak di bidang Ekonomi. Dalam bidang ekonomi ini masyarakat Majalengka harus bisa berdaya di wilayahnya sendiri. Namun ,menurut Eman,  tantangannya kadang masyarakat juga kalah dengan para pengusaha yang mempunyai modal yang sangat besar.

"Supaya manfaat BIJB dapat dirasakan oleh masyarakat maka  peran Pemerintah, pengelola BIJB serta pihak terkait untuk senantiasa memperhatikan/memperjuangkan juga masyarakat ekonomi menengah kebawah dalam dampak kemajuan di bidang Ekonomi dengan adanya BIJB ini," ujarnya. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Fraksi PDIP Subang Minta EKsekutif Tuntaskan Perbaikan Jalan https://t.co/4dAaZN0kj0
Ratih Sang, Ajak Mahasiswa UNMA Kreatif Dalam Promosi Potensi Wisata https://t.co/7RGIBjxtQ5
Terbentuk, Tim Koalisi Prabowo-Sandi Bidik 70% Suara di Subang https://t.co/BnkkjSpI88
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page