Follow us:

Tak Hanya Durian, Majalengka Juga jadi Gudang Jambu Kristal

Selain Durian, Majalengka juga memiliki komoditi buah-buahan andalan lainna. Seperti Jambu Kristal. Satu-satunya lahan Perkebunanan Jambu Kristal terbesar di Jawa Barat hanya ada di Majalengka.

Jambu Kristal ini jadi primadona karena ciri khasnya yang krunchy, manis dan tanpa biji tersebut telah jadi pemasok terbesar untuk Supermarket wilayah Jakarta dan Bandung.

Runa Heriyanto (63), adalah pemilik perkebunan Jambu Kristal Majalengka dari Desa Jayi Kecamatan Sukahaji Saat ini ia bisa  dikatakan sedang banyak meraup keuntungan dari lahan seluas 17 hektar yang ia tanami Jambu Kristal, dan hampir setiap hari tak kurang dari 1 hiingga 2 ton sehari Jambu Kristal miliknya siap dijemput dan menyebar ke tiap wilayah di Jawa Barat.

Runa Heriyanto yang dikenal dengan panggilan Heri, kepada Tintahijau.com Kamis siang (08/03/2018) memaparkan, ia adalah satu--satunya pemilik kebun Jambu Kristal terbesar di Jawa Barat dan sudah 5 tahun bisnisnya terus meraup keuntungan. Bahkan saat ini Heri sedang mengejar target bisa meraup omzet Rp.400 juta per bulan.

"Saya bisa katakan pemilik Kebun Jambu Kristal terbesar di Jawa Barat. Karena setiap hari kebun ini adalah pemasok Supermarket terbesar area Jakarta dan Bandung dengan jumlah panen setiap hari.1 hingga 2 ton," kata Heri kepada TINTAHIAJU.com

Tak heran untuk kelancaran pemasaran Jambu Kristal tersebut ia dibantu 50 karyawan yang setiap hari sangat sibuk, 20 orang adalah pedagang untuk wilayah Majalengka sendiri, dan 30 orang lainnya mengurus kebun. Maka untuk satu bulan biaya pengeluaran secara keseluruhan Heri harus mengeluarkan biaya sebesar Rp.130 juta.

Masih dikatakannya, masa panen besar untuk Jambu Kristal  ada pada Bulan Januari hingga Bulan Mei. Dan masa petik akan berhenti pada bulan November dan Desember saja sementara untuk harga per kilonya saat ini jatuh di harga 15ribu rupiah/kilogramnya.

"Saat ini harga untuk 1 kilogram Jambu Kristal masih di angka Rp.15.000 di pasaran. Dengan permintaan hampir seluruh wilayah yang ada di Jawa Barat ini," jelasnya.

Heri berharap Jambu Kristal Majalengka miliknya mampu bersaing secara kualitas dibanding Jambu Kristal wilayah lain. Dan ia optinis karena pemesanan.untik wilayah Jawa Barat selain Jakarta dan Bandung juga terus mengalir.

Sementara itu Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kec. Sukahaji H. Dadang Suhendra, SP mengakui untuk Majalengka perkebunan Jambu Kristal terbesar memang hanya di Desa Jayi Kecamatan Sukahaji atas kepemilikan Runa Heriyanto atau sering dipanggil pa Heri.

"Kebetulan Pa Heri.ini masih binaan BPP Sukahaji, dan ia merupakan pemilik kebun Jambu Kristal terbesar dengan omzet ratusan juta rupiah tiap bulannya," tandas H. Dadang. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU