FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bunga Sedap Malam Khas Majalengka Banjiri Bandung

Salah seorang petani asal Kelurahan Cijati Majalengka Kulon, H. Aci Munasir Matlub (60), memanfaatkan lahan pertaniannya untuk ditanami bunga Sedap malam. Hasilnya, dalam sembilan tahun ini mulai dirasakan Aci.

Bunga Sedap malam adalah tumbuhan hijau abadi dari suku asmat Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum. Kebanyakan, BUnga Sedap Malam ini digunakan untuk momen-momen tertentu, seperti pernikahan, Imlek, hari valentine dan lainnya.

Aci Munasir Matlub, petani asal Majalengka ini memanfaatkan sebagian lahan pertaniannya untuk ditanami Bunga Sedap malam. Inovasi Aci menyuap lahan pertanian menjadi Kebun Bunga Sedap malam ini kini sudah dinikmati Aci. Sedap Malam dengan aroma yang khas itu, selain diburu oleh warga sekitar, sekarang sudah merambah ke sejumlah kota besar seperti Cirebon dan Kota Bandung

Sedap Malam milik Aci dipilih, bukan saja karena wanginya, tapi dengan kontur tanah dan bibit bagus, Sedap Milik milik Aci sedap dinikmati mata. "Kontur tanahnya cocok sehingga Bunga Sedap Malam yang saya tanam, hasilnya selalu bagus, dengan bibit yang saya beli langsung dari wilayah Lembang," kata Aci kepada TINTAHIJAU.com

Dari 0,2 hektar tanaman Bunga Sedap Malam sambung H. Aci, modal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp.3.125.000-. Dari sejak tanam ia tinggal menunggu 7bulan untuk panen perdana dan setelah itu setiap seminggu sekali selama 3tahun H. Aci tinggal memanen saja bunga-bunga yang sudah mekar tersebut.

"Setelah masa panen tinggal penyiangan dan pemupukan saja. Dan selama 3 tahun Bunga Sedap Malam ini seminggu sekali siap dipanen dengan konsumen yang sudah antri dari Bandung, Cirebon maupun Majalengka," terangnya

Jika hari-hari besar keagamaan maupun hari-hari besar nasional permintaan pasokan bunga akan meningkat dengan harga per tangkai 4 ribu rupiah. Sementara jika pesanan biasa harga pertangkai hanya Rp2 ribu rupiah.

"Alhamdulillah untuk masa tanam sekitar 3 tahun, maka saya bisa memperoleh Rp2,5 juta rupiah setiap bulannya. Sehingga dalam kurun 3 tahun Bunga Sedap Malam ini memberi keuntungan sekitar Rp90 juta rupiah atau Rp30 juta rupiah per tahun dengan kalkulasi dipotong biaya perawatan dan pupuk," ungkapnya. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

HUT Bhayangkara, Dokpol Cantik ini Layani Cek Kesehatan Ratusan Warga https://t.co/teu3opNQqJ
Polisi Tilang 75 Kendaraan Saat Razia Motor Bodong di Pabuaran Subang https://t.co/Xpz9MvmnXf
Minim Pendaftar, Festival 'Kaulinan Urang Lembur' HUT Majalengka Batal Digelar https://t.co/iA5WNeu2uN
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page