Dampak Lingkar Utara, Industri Konveksi Jeans Segera Direlokasi

Sejumlah industri konveksi jeans dari Cikijing menurut rencana akan segera dipindahkan ke Kelurahan Cikasarung, Kecamatan Majalengka.

Pemindahan ini salah satunya disebabkan karena lokasi lama akan menjadi ruas jalan Lingkar Utara, dan memudahkan bagi pengusaha untuk memasarkan barang jadi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka Ahmad Suswanto didampingi Kepala Bidang Perindustrian Wawan Kurniawan mengatakan fasilitas tempat relokasi pabrik konveksi ini sudah tersedia seluas 7,9 ha. Pembangunan gedungnya dilakukan oleh Kementrian Perindustrian, dan baru selesai pada akhir Desembert tahun lalu dengan nilai anggaran mencapai Rp 18,4 milyaran.

Di sana terdapat empat bangunan yang interiornya dirancang untuk sebuah pabrik konveksi, untuk memudahkan para pengusaha mengoperasionalkan mesin industri mereka. Di sana juga sudah tersedia listrik berkapasitas tinggi serta ruang-ruang pengemasan barang sesuai kebutuhan pengusaha. Sedangkan airnya menggunakan air bawah tanah.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan para pengusaja jin tersebut, ada 10 pengusaha yang sudah siap untuk pindah tempat, karena memang kapasitasnya kalau dipindah seluruhnya belum memadai, selain itu di Cikijing ini banyak masyarakat yang maklun mengerjakan pekerjaan jahitan milik sejumlah pengusaha," papar Wawan

Di kawasan tersebut menurutnya tersedia juga areal parkir yang sangat luas sehingga bisa dipergunakan untuk memarkir kendaraan besar sejenis bis atau tronton sekalipun. Makanya hal itu diperkirakan akan memudahkan pengangkutan bahan baku dari luar dan barang jadi untuk dikirim ke pasar.

"Pemindahan pabrik konveksi ini dilakukan bertahap, karena tidak memungkinkan seluruhnya dipindah sekaligus mengingat pabrik konveksi di Cikijing ini hampir terjadi di setiap rumah, apalagi masyarakat Cikijing ini hampir kebanyakan usahanya dibidang industri konveksi kudung dan jin," kata Wawan.

Sedangkan pencucian jin sementara ini nampaknya belum bisa dilakukan mengingat ival yang belum dibangun, sementara pengolahan limbah mutlak harus dibangun agar tidak mencemari lingkungan. Menurut Wawan pengalihan IKM (Industri Kecil Menengah) ini dilakukan secepatnya hanya saja belum ada pelimpahan gedung karena kemungkinan masih masa pemeliharaan. Demikian halnya para pengusaha yang rencananya akan dipindahpun inginnya segera menempati bangunan baru.

Pemindahan industri konveksi jeans ini diharapkan akan menambah tenaga kerja, dengan demikian angka pengangguran akan semakin berkurang. Dari 10 industri saja minimal industri akan membutuhkan sekitar 10 hingga 20 orang pekerja. Diantaranya penjahit, nyetrika dan pengapakan hingga pendistribusian barang dagangan ke pasar-pasar.(Abduh)


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

Membumikan Sistem Pendidikan ala RA Kartini https://t.co/kPySGuDbV7
Jambore Merapi Mountain dan Gathering Nasional MMUC Indonesia 2018 Sukses Digelar https://t.co/wD1ua7iAck
In Memorian: Titien Sukartini, Sosok Kartini di Dunia Pendidikan Majalengka https://t.co/WGfKS6mTDD
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page