Follow us:

Puluhan Tahun, Petani Pantura Subang Jual Gabah ke Tengkulak

Sudah menjadi tradisi, petani di wilayah Pantura Subang menjual gabah hasil panennya ke tengkulak atau tidak ke penggilngan dan BUMDes.

Mereka beralasan, harga jual ke tengkulak lebih tinggi dan prosesnya tidak repot. Dengan keyakinan itu, menjdi tradisi turun temurun, petani menjual gabah langsung dari sawah ke tengkulak. "Untuk 1 kwintal bisa Rp600 ribu," kata petani Pabuaran Anen kepada TINTAHIJAU.com

Jenis gabah yang ditanam Anen adalah IR-41. Dibanding jenis lainnya, beras jenis ini harganya cukup tinggi. Masa penen gabah, adalah masa penen bagi petani. Terlebih, sejak mulai tahap pertama, pembajakan tanah, mereka harus mengeluarkan uang tidak sedikit, belum diperparah dengan serangan hama.

"Bertani itu gampang-gampang susah. Mereka kan lihatnya, menanam terus panen. Tapi nyatanya kita harus sabar dan telaten, apalagi kalau diserang hama atau kekuragan air. Ini belum menghitung biaya," kata Anen.

Pemilik sawah, Hermin (58) Warga Kampung Cicomplong RT 07/02 Desa Pringkasap,K ecamatan Pabuaran,Subang, mengatakan tanaman padi jenis IR-41 tengah dipanen dalam 1 hektar lahan sawah dapat menghasilkan gabah sebanyak 5-6 ton.

Merawat tanaman padi dari mulai musim tanam hingga musim panen cukup mengesankan dan membuat pusing kepala, Karena sebelumnya hama wereng dan hama burung pipit tak kalah hebatnya menyerang tanaman padi. Namun kondisi itu dapat terobati setelah hasil panen kali ini cukup memuaskan.

"Hama burung itu menyerang tanaman padi yang baru berbuah membuat sejumlah petani di daerah ini memasang tali rapia atau alat sejenisnya untuk mengusir hama burung tersebut," kata Hermin [Sandy Zaenudin]

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Line: tintahijaucom


Twitter Update

Program Pascasarjana Universitas Majalengka Cetak Profesional yang Berkomepeten https://t.co/V6o7gNtAuv
Desa Pilangsari Dukung Eksistensi PG Jatitujuh Majalengka https://t.co/b7y1C0ZNgC
Aktivis AKSI Subang Sebut Kasus NISN Momentum Kejari Unjuk Gigi https://t.co/eF7AeaN2ot
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page