Follow us:

Tingkatkan Kualitas, Petani Durian Perlu Pendamping Ahli

Peneliti Utama dalam bidang Fitopatologi (Hama dan Penyakit Tanaman) Prof. (Riset). Dr. Ir. I. Djatnika, M.S. yang populer disapa Prof. Ika Djatnika mengatakan, petani durian harus dilakukan pendampingan guna meningkat kualitas buah.

Hal itu disampaikan Prof Ika saat mengunjungi petani Durian di Desa Ujungberung Blok Sinapeul, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Ketua Tim SDM Balai Penelitian Tanaman Hias Jabar itu menyebutkan umumnya petani Durian hanya akan memberikan pupuk berdasarkan musim saja. Padahal menurutnya pohon akan banyak mengeluarkan energi saat selesai berbuah sehingga harus dilakukan pemupukan.

"Pemupukan yang baik adalah saat tanaman selesai berbuah karena tanaman tersebut sebelumnya banyak mengeluarkan energi," kata Prof Ika

Khusus untuk Durian, jelasnya, sebaiknya pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang saja dan pemberian yang dilakukan selesai panen dengan dosis yang tepat. Ia menyebutkan minimalnya tanaman Durian diberi pupuk kandang paska panen sebanyak 10 kg. selain pemakaian pupuk kandang perlu ditingkatkan penggunaan Kalium, yakni pemanfaatan abu jerami yang dibakar.

"Selama ini petani akan memberi pupuk hanya berdasarkan musim saja yaitu di musim penghujan. Padahal teorinya tanaman banyak mengeluarkan energi setelah berbuah maka harus segera dipupuk minimal pupuk kompos 10kilogram,"  paparnya.

Sementara itu salah sau petani Durian yang juga memiliki tanaman Durian Sinapeul berusia 300 tahun Heri Saptanto mengatakan, dirinya sangat bersyukur kedatangan Prof. Ika Djatnika memberikan saran dan  masukan untyk perkembangan Durian Sinapeul lebih baik dalam produksinya.

"Kami hanya petani yang dalam perawatan tanaman Durian hanya alami saja, kami tidak tahu waktu yang tepat untuk perawatan Durian sehingga produktivitas Durian bagus dengan kualitas yang bagus pula," tuturnya. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Ribuan Santri Subang akan Dzikir dan Do'a Bersama untuk Jokowi dan Keutuhan NKRI https://t.co/nrMsGQgc3A
Fraksi Absen di Paripurna, Sekjen PDIP Subang: Mereka Sakit https://t.co/2RyhtZEADX
Kecanduan ML, Pemuda Asal Subang ini Alami Masalah Serius pada Matanya https://t.co/JeeKSfKD02
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page