Sensasi Kelezatan Durian Perwira dari Pohon Berusia Ratusan Tahun

Musim durian menjadi sensasi tersendiri bagi para pecinta buah berduri ini. Durian montong menjadi varian yang paling diburu karena memiliki daging yang tebal dan legit. Namun belum banyak yang tau sensasi kelezatan Durian Perwira dari Majalengka ini.

Kecamatan Sindangwangi adalah gudangnya Durian di Majalengka. Bahkan pada 9-10 Desember mendatang, di daerah itu akan dihelat Festival Durian dengan menyediakan ribuan buah Durian. Yang menarik durian di daerah iotu memiliki kekhasan sendiri dibanding dengan durian di tempat lain.

Berlokasi di Blok Sinapeul, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, bisa menjadi referensi bagi pecinta durian. Sebab, di Desa itu ada Durian Perwira yang berasal dari pohon berusia ratusan tahun lalu, yang tinggi pohonnya sekitar 20 m dan medelin sekitar 1 meter.

Bukan saja soal usia pohon yang bikin menarik, keistimewaan Durian Perwira ini warnanya kekuning-kuningan rasanya manis pait, legit dan nyaris tanpa biji, kalaupun berbiji sangat kecil atau orang sunda bilang kences. Paling besar durian perwira ini lingkarnya hanya sekitar 20 cm hingga 30 cm saja.

Tidak jelas orang yang menanam durian perwira ini. Hanya saja saat ini pohon durian tersebut dipelihara oleh generasi ke tiga dari H. Uto Utari pemilik pertama, dia adalah Heri Saptanto dan istrinya Titin Sosilowati.

Menurut Heri Saptanto, nama durian perwira itu dilabeli oleh konsumen. Dulu semasa Uto Utari (Pemilik pertama) masih ada dan berjualan durian, ada pelanggannya seorang jendral TNI asal Jakarta. Setiap musim selalu menyempatkan untuk menikmati durian karena rasanya yang legit dan mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Suatu ketika sekitar tahun 1985, sang jendral bertanya kepada Uto, apakah durian tersebut sudah diberi nama atau belum. Dan Uto menjawab belum. "Kalau belum udah diberi nama perwira saya aja tuh. atau sang jendral sambil menujuk kearah stafnya.” ungkap Heri menirukan omongan sang kakek.

Sayangnya di tengah banyak permintaan, jumlah buah setiap kali panen mengalami penurunan. Jika sebelumnya bisa mencapai 200 buah, dalam beebrapa tahun terakhir ini mengalami penurunan drastis yakni sekitar 50 buah.

Kekhasan rasa dan minimnya stok, harga Durian Perwira ini relatif lebih mahal dibanding dengan durian jenis lainnya. Untuk lingkar 20 cm konsumen harus merogoh kocek Rp70.000 perbuah. Harga itu, jika dibanding dengan durian lainnya lebih mahal Rp40 ribu

"Tapi alhamdulillah banyak saja yang datang. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung serta wilayah III Cirebon. Malah ada yang pesan jauh-jauh hari, takut keahabisan," kata Heri





Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Promosi dan iklan: 085352324271


Banner Kanan 1

Twitter Update

Petugas PLN Gadungan Gasak Kalung 39 Gram dan Jutaan Rupiah di Patokbeusi Subang https://t.co/dIhCjnHuFT
7 Jurus Jitu Aman dari Operasi Patuh Lodaya 2018 https://t.co/fE9gdliX1y
Dubes Qatar Resmikan Lembaga Pendidikan Tamim Al-Majd Asy-Syifa Subang https://t.co/bKFgH77fXd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page