Warga Wantilan Sulap Limbah jadi Barang Bernilai Rupiah

Barang bekas atau limbah biasanya hanya dibuang dan tidak memiliki nilai ekonomis tinggi. Namun di tangan warga Wanitlan, Kecamatan Cipendeuy, Subang barang bekas mampu disulap menjadi barang bernilai rupiah.

Berbagai strategi untuk menjaga lingkungan dari sampah. Warga Wantlan ini menginsiasi dengana membuat Bank Sampah. Sampah-sampah itu kemudian dimanfaatkan menjadi barang bernilai dan menghasilakn rupiah. Hasilnya cukup unik dan menarik.

Sri Fuji Harni mengatakan, sampah-sampah itu diantaranya disulap menjadi kantong jinjing yang indah. Karya itu, dijual ke warga setempat. "Dari jumlah produksi kerajinan tangan mereka sejauh ini sudah dipasarkan ke berbagai pelosok perkampungan,"kata Warga setempat, Sri Fuji Harni kepada TINTAHIJAU com.

Tas jinjing dari limah ini, selain hemar biaya, bahan bakunyapun mudah didapat. Sri Fuji mengatakan, dengan pemanfaatan limbah sampah itu, selain laingkungan menjadi bersih dan sehat, juga bisa mencetak rupiah. "Proses pembuatannya gak perlu mengeluarkan biaya besar, harga untuk satu produk antara Rp25 ribu hingga Rp75 ribu tergantung ukurannya,"katanya.

Kepala Desa Wantilan, Taryo mengatakan, hasil kerjainan tangan itu sangat membantu perekonomian warga mereka membuatnya dengan penuh suka cita dari mulai pengumpulan dan penyortiran bahan limbah hingga pemasaran.

Sebelum usaha itu berjalan mereka terlebih dahulu diberikan arahan dan pelatihan oleh ibu-ibu PKK yang ada di Desanya, ada sekitar 15 Orang yang sudah terlatih mereka saat ini sudah buka usaha tas jinjing bahan limbah di masing-masing rumahnya.

"Hasil dari kerajinan tangan mereka atau tas jinjing selain dipasarkan di pelosok perkampungan pernah ikut menjadi peserta pameran di Jakarta dan Subang,"kata Kepala Desa Wantilan,Taryo.

Ia berharap usaha rumahan ini dapat terus dikembangkan oleh warga agar sektor perekonomian warga semakin meningkat dan dapat ditiru oleh warga lainnya,"pungkasnya. [Sandy Zaenudin]



Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Cabuli Bocah Ingusan, Warga Palasah Majalengka ini Numpang di Rumah Teman https://t.co/3ciankwfWx
Pipin Chikal, Bidan Subang dengan Segudang Prestasi di Sirkuit https://t.co/GlLZhrdxXb
Jejak Seni Gembyung di Tengah Gempuran Musik Modern https://t.co/W41rm8gCiH
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page