Pinjaman untuk Proyek Pelabuhan Patimban Cair September 2017

TINJAU JAKARTA - Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, ditargetkan mulai dikerjakan pada awal tahun depan. Saat ini, desain proyek atau Detail Engineering Design (DED) untuk Pelabuhan Patimban sedang difinalisasi.

TINJAU bERITA LAINNYA:
Pemerintah Akan Bangun Akses Tol dan Kereta Patimban-Subang
Pelabuhan Patimban Mengancam Mata Pencaharian Nelayan Pantura
Pemprov Percepat Perizinan Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan adanya perkembangan tersebut, maka diharapkan pinjaman dana untuk mengerjakan proyek tersebut bisa dicairkan pada September 2017.
"Patimban kita sedang finalisasi DED-nya dan sedang finalisasi siapa yang jadi partner di situ. Dengan proses ini diharapkan loan (pinjaman) itu akan segera cair mungkin September," ujar Budi saat ditemui di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin

Adapun proyek pembangunan Pelabuhan Patimban diperkirakan menelan dana sekitar Rp 43 triliun. Proyek yang nantinya akan digarap perusahaan patungan antara pemerintah Indonesia dan Jepang ini akan dilengkapi infrastruktur penunjang yang terintegrasi seperti jalan tol dan kereta api.

Pelabuhan ini juga direncanakan akan terintegrasi dengan Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta dalam rangka meningkatkan efisiensi distribusi logistik di Indonesia.

Soal pembiayaan, 71 persen kebutuhan dana pembangunan Pelabuhan Patimban berasal dari pinjaman berasal dari pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA).

Kemudian 19 persen dari APBN untuk kebutuhan lahan yang mencapai 360 hektare dan pajak 10 persen, serta Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) sebesar 10 persen untuk peralatan dan pengoperasian. "Kita akan operasikan awal 2019. Jadi kita akan operasikan secara bertahap," kata Budi. [kumparan]

 

foto: Menteri perhubungan Budi Karya (bisnis)

____________
Dapatkan lintasan berita Subang via:

Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851


Banner Kanan 1

Twitter Update

Pesantren Darunnajah Jadi Tuan Rumah Kunjungan Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan https://t.co/6eoelIh1DI
Banjir di Perumahan Surya Cigadung Subang https://t.co/qcnW69W19C
Sambut Hari Guru, Ribuan Pelajar dan Guru Jalan Kaki 10 Km https://t.co/fAkIV1Q8Qr
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page