Follow us:

Metro Kapsul Bikinan Subang Mejeng di Alun-alun Bandung

Prototipe Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul bikinan Subang sudah tiba di Kota Bandung. Gerbong kereta tersebut dipajang di samping Halte Bus Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika.

Pantauan detikcom, panjang gerbong tersebut sekitar 5 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Warna gerbong dicat perpaduan biru, abu-abu dan hitam. Terdapat logo Pemkot Bandung dan tulisan Metro Kapsul.

Metro Kapsul ini akan dibangun sepanjang enam kilometer. Pembangunannya dibagi dua tahap, tahap 1 Stasiun Bandung (Kebonjati)-Pasar Baru-Jalan Dalem Kaum sepanjang tiga kilometer. Lalu tahap 2 diteruskan hingga Tegalega dan memutar kembali hingga Stasiun Bandung.

LRT Metro Kapsul menggunakan teknologi transportasi asal Indonesia. Salah satu pembuatnya yakni PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul (Trekka) yang dibuat di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan LRT ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Maka itu, angkutan transportasi tersebut perlu sosialisasi.

"Ini bagian dari sosialisasi karena ini barangnya baru, warga harus bisa lihat aslinya seperti apa. Jadi LRT metro kapsul yang sebentar lagi akan dibangun, kita pasang di Alun-alun sehingga warga bisa mengapresiasi dan mengomentari. Mudah-mudahan dengan feedback dari warga, kita bisa sempurnakan," ujar Emil, sapaan Ridwan, di Pendopo Kota Bandung, Rabu (5/4/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menjelaskan pembangunan kereta ini masih menunggu draft LRT rampung. "Menunggu draft Perpres selesai. Minta pertimbangan wali kota yang akan melakukan perjanjian. Kemenhub minta pak wali untuk mempelajari. Kalau acc akan diajukan ke Setneg," ujar Didi. [detik]

____
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Twitter Update

Blak-blakan Koordinator Camat di Subang soal Mobil Dinas Baru https://t.co/aSA3gqRY3z
Seorang Nelayan Tewas di Perairan Blanakan, Subang https://t.co/aIIx91PQ4A
Hantam Truk di Tol Cipali Subang, BMW Hancur dan Seluruh Penumpang Tewas https://t.co/14wemXQiQt
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter
Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Facebook Page