[OPINI] Antara Potensi dan Ambisi Subang Jawara

Bupati adalah kepala Pemerintah Daerah yang nota bene bertanggung jawab pada urusan pemerintahan dan kepada masyarakat di wilayahnya, amanah dalam hidupnya yang dipercayai sebagai pemimpin sebagai pelindung dan pengayom Masyarakat. TETAPI...

Mau di bawa kemana ?, apa ?, untuk siapa?,kapan? dan bagaimana? Dalam mencapai tujuan yang diinginkan  siapa yang melaksanakan hasilnya itulah yang ada dalam benak pikiran orang Subang, lahir dan dibesarkan di Subang,

Kronologis kehidupan dari mulai lahir menginjak bumi dan sampai saat ini masih seperti dulu hati yang tertanam dalam jiwa Subang tandang, Keur Subang Kuring Mandi Kesang. Tandang makalang kahayang Subang Karya Utama Satia Nagara  

Subang adalah kota kenangan saipapun yang pernah menetap atau melewati kota subang akan selalu dikenang entah apa itu bisa positif atau negative, subang memiliki tiga zona yaitu zona pegunungan, zona pedataran dan zona kelautan.

Ini yang memungkinkan untuk maju lebih pesat kita lihat di pegunungan terhampar keindahan alam yang aduhai seandainya ditata dengan hati yang ikhlas dan ditanam dengan cinta dan kasih yakin bahwa alam yang kita miliki dapat membuahkan hasil yang memuaskan.

Mari kita mulai dari kebersamaan prinsip membangun desa sebagai cikal bakal kemajuan kabupaten subang yang harmonis, dinamis dengan pemimpin dan masyarakat seideologi memajukan wilayahnya mengembangkan yang mereka miliki,dari mulai tatanan keluarga, tatanan lingkungan dan Masyarakat juga  mengoptimalkan yang di miliki, dari mulai tatakrama, kreatifitas dan sinergitas bumi dan lingkungan dapat memajukan kesejahteraan pada umumnya,

Dengan modal yang dimiliki harus bekerja keras dengan semangat gotong royong yang kuat dalam bekerja terutama dengan pola kerja gotong royong seperti ini, meskipun pada awalnya banyak tantangan yang harus kita hadapi  terutama membangun rasa kebersamaan, membangun integritas kerja yang baik  dan saling menghargai membantu memenuhi permintaan dan target yang diinginkan.

Di Zona Pegunungan Subang memiliki wilayah yang yang berpotensi untuk agrowisata dengan karakter alam pegunungan suhu udara yang sejuk memungkinkan untuk dijadikan objek wisata alam misalnya air terjun, kali untuk arung jeram dan pegunungan untuk menikmati pemandangan alam.

Demikian juga  Subang memili sumber air panas yang menjanjikan jika ditata dengan baik, sekecil apapun peluang  akan menjadi besar kalau kerja keras dan komitmen yang kuat.

Di wilayah Pedataran yang sangat cocok adalah peluang bisnis retail dan konveksi akses jalan yang dilewati tol memungkinkan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat Subang

Jika jeli dalam memilih usaha, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang mimiliki keahlian dalam membuat makanan khas subang, kerajinan tangan juga seni budaya yang bisa dijual kepada mereka yang melewati akses jalan yang lebih menarik lagi jika dilengkapi dengan di samping ruas jalan dilengkapi dengan pohon –pohon yang rindang.

Dan memungkinkan dengan kesepakatan dan kesepahaman pucuk pimpinan yang menjadikan pembuka usaha untuk masyarakat Subang, dengan dibuat suatu tempat khusus untuk penempatan yang layak bagi para penjual yang nyaman dan aman serta mudah untuk dijangkau oleh pembeli, beberapa sentral-sentral usaha yang di tempatkan dititik titik yang strategis.


Di Subang Kota masih ada bangunan –banguan lama semasa penjajahan dan ini bisa di manfaatkan sebagai objek wisata sejarah, banguan kuno yang harus kita lestarikan  dan bisa sebagai penyumbang keuntungan untuk subang.

Tata kota yang sinergis dengan yang dimiliki melalui inovasi-inovasi ,misalnya di kota subang sudah disiapkan jalan dan tempat barmain yang ramah anak dan orang tua yang berjalan kaki dengan aman demikian juga taman-taman yang bersih teduh dan tentunya nyaman.                          

Zona kelautan Subang memiliki beberapa lokasi wisata ada penangkaran Buaya jika di tata dengan baik dan bersih  bisa menjadi objek wisata yang langka di jawa barat, Subang memiliki Patimban sebagai Dermaga Internasional memungkinkan masyarakat mendapatkan penghasilkan yang lebih dari sebelumnya dengan komitmen pimpinan meningkatkan harkat dan derajat masyarakat subang .

Bendungan sadawarna yang sedang dibangun sebagai  pemasok air untuk keperluan pertanian dan sebagai objek wisata yang menjanjikan dengan semangat gotong royong lah kita bisa membangun citra Subang.

Jangan menjadi orang lain di tanah kelahiran sendiri, banyak inovai yang bisa di ciptakan di lokasi tersebut, utamanya adalah sarana prasarana lingkungan harus menjadi pemikiran yang penting, kita ciptakan dari sekarang , sebelum orang lain yang menjadi kaya di wilyah kita.  
    
Kerena Keingin Tahuan itu mari kita belajar dan belajar tidak saja di jenjang pendidikan belajar dari pengalaman belajar dan  kehidupan sampai sekarang ini, Aku hanya bisa megungkapkan kata dengan tulisan dan tidak ragu untuk menghayal dengan judul tersebut aku akan mencurahkan seluruh kemampuan  berharap sedikit bisa melepaskan kegundahan tentang perjalanan kehidupan Subang.

Mau dibawa kemana…….?
Subang tentram aman dan damai, Ketentraman dan kedamain itu yang  di harapkan rakyat subang menikmati hidupnya dengan penuh kebahagian dan keceriaan dengan keluarga dan masyarakat artinya orang akan merasakan kebahagian tidak dengan kepenatan diawali dengan dari dirinya sendiri ,keluarga dan lingkungan yang bisa mendukung keberhasilan suatu bangsa adalah dari jiwa yang beriman dan bartaqwa.

Untuk menyikapi ini selaku pemangku kebijakan yaitu kedamaian abadi artinya selama  hidup bermanfaat bukan di manfaatkan, untuk memoles subang supaya camperenik enak dipandang tidak lah mudah seperti membalikan tangan, koordinasi dan komunikasi  lugas. tegas dengan Iman dan ilmu Teknologi yang tidak mengesampingkan etika adat maju bersama membangun bangsa, dengan niat yang sama tujuan yang sama, bergotong royong tanpa sarat apapun.

Memimpin dengan sepenuh hati seorang pemimpin yang bisa memahami dan merasakan ketentraman dan kebahagian untuk semua masyarakat di wilayahnya dan siapapun yang berkunjung ke wilayahnya, keselarasan dan kesepahaman , mengayomi dan melayani tentu dengan semangat gotong royong memiliki korsa jiwa yang sama dan tujuan yang sama.

Untuk masyarakat Subang yang mau berubah dari keterpurukan dan dijajah oleh orang lain Subang punya nama di Dunia, kalau kita mau berubah berubahlah dari diri sendiri yaitu dengan jiwa semangat jangan mengalah karena lemah, gunakan ilmu yang kita miliki dengan keahlian masing-masing karena kita sudah komitmen dengan Sang Pencipta Alam Semesta manusia adalah khalifah di bumi.

Berfikir positif dan jangan mengeluh, karena sifat keluh kesah lah yang membuat orang tidak berdaya, hilangkan sifat egois tanamkan jiwa gotong royong, pimpinan adalah pengayom masyarakat keberhasilan ditentukan dari kebersamaan membangun bangsa.

Pimpinan adalah pengemudi yang mengatur roda pembangunan menuju tujuan, tidak bisa berdiri sendiri pimpinan bertanggung jawab penuh terhadap tugas yang diemban, Pimpinan bukan untuk dilayani tetapi pimpinan adalah pelayan  masyarakat.

Kalau bukan Sekarang  kapan lagi ,sudah saat nya kita membuka mata untuk selangkah lebih maju subang bangkit dengan mendengakan kata sepakat "sareundeuk saigel sabobot sapihanean “..

Mari kita bangun dengan keihklasan dan keridoan, kalau tidak oleh kita siapa lagi segera merubah dengan  kreativitas, inovasi-inovasi untuk mendukung pemerintahan dalam membangun, mendukung kemaslahatan umat tidak ada waktu lagi untuk berubah, mari  laksanana dan kerjakan  sekarang selama kita masih mampu untuk berkarya.

Rakyat Subang gotong royong, Subang jawara 'Jaya Istimewa Sejahtera' itulah satu yel yel. Mari kita mulai dari sekarang awali dengan disiplin yang tinggi terhadap rambu-rambu yang sudah ditentukan, fahami, pelajari, laksanakan, rasakan hasilnya dan mengevaluasi apa dan kekurangannya, perbaikan adalah hal yang wajar dalam mencapai tujuan, koreksi dan perbaiki.  Bersama kita tingkatkan derajat Subang, Subang Maju selangkah lebih maju dan terdepan dari yang terbaik.

Bermimpi dan bermimpi tidak rugi, berandai andai bisa terlaksana jika kita percaya diatas langit ada langit. Bersama Kita Sukseskan Kabupaten Subang menjadi Kabupaten yang berprestasi.

Semoga

 
Dwinan, Penulis adalah ASN Pemkab Subang


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Penasihat Hukum Oknum PNS Majalengka Hargai Penetapan Tersangka IN https://t.co/CpIAkzN4dI
Hai Mom, Ingin Bokong Lebih Kencang? Coba Bercinta Dengan 4 Gaya Ini https://t.co/1o0Kxp3RcO
Gerbong Kereta Bekas di Cikaum Subang Terbakar https://t.co/7Y6T8TD2iO https://t.co/KdL75W6tA8
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page