Refleksi Hari Jadi Kabupaten Subang

4 April jadi hari istimewa bagi Kabupaten Subang, karena tanggal 5 april inilah setiap tahun warga subang memperingati hari jadi kota yang ditinggalinya. Perjalanan panjang yang sudah hampir  di tiga perempat abad Kabupaten Subang tentunya telah menorehkan cerita dan sejarah panjang kota ini, berbagai kisah dan dinamika kehidupan masyarakat dan pemimpinnya jadi bagian yang akhirnya menjadi bagian dari sejarah yang akan di kenang oleh generasi subang yang akan datang.

HUT Kabupaten Subang yang ke-71 ini menjadi hari ulang tahun yang membawa harapan yang bukan hanya baru namun juga besar bagi warga Kabupaten Subang terhadap pemimpin baru mereka yang beberapa bulan lalu baru saja dilantik dan dikukuhnya, hal ini terjadi bukan tanpa alasan setelah bertahun-tahun suhu perpolitikan serta dinamika kepemimpinan Kabupaten Subang berada pada titik kelam. Bagaimana tidak, 3 Bupati subang terakhir ini semuanya mengalami nasib yang sama yakni sama-sama mengakhiri jabatannya di jeruji besi lembaga peradilan. Hal ini mau tidak mau akan sangat benyak berpengaruh terhadap tata kelola dan kondisi subang secara keseluruhan.

BERITA LAIN:
Parade Potensi Daerah Dalam Pawai Alegoris Hari Jadi ke-71 Kabupaten Subang
Keren, Ini Doa Pria Berjubah Putih di Hari Jadi ke-71 Subang
Makhluk Astral Muncul di Pawai Alegoris Hari Jadi ke-71 Subang

Setelah bertahun-tahun Kabupaten Subang mengalami masa-masa yang cukup memprihatinkan akhirnya menjelang penutupan tahun 2018 terpilihlah pasangan H Ruhimat dan Ir. Agus Masykur menjadi pemimpin baru di Kabupaten Subang hasil pemilukada secara langsung. Terpilihnya pemimpin baru Subang ini melahirkan harapan baru bagi warga Subang yang tentunya tidak berlebihan jika mereka berharap pemimpin mereka yang baru ini tidak menambah deretan mimpi buruk bagi Subang namun menjadi mimpi baru dan harapan baru menjadikan subang sebagai Kabupaten “Jawara dunya akhirat jeung jawara dina sagalana” sesuai dengan jargon yang diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati baru Subang ini.

Kini saatnya pemerintah kabupaten subang mulai serius focus pada perbaikan dan penataan berbagai sektor pemerintahan untuk mengoptimalisasikan kembali peran dan fungsi pemerintah sebagai pelayan masyarakat, mulai dari insprastruktur hingga mendesain berbagai program untuk memfasilitasi insan kabupaten subang agar mampu mengukir banyak prestasi, dan hal ini harus di awali oleh good goverment and clean goverment. Karena dua hal ini lah yang akan menjadi kekuatan pemerintah dalam menghadirkan pelayanan prima dengan keterpuaskannya masyarakat dan menjadi nutrisi yang akan mampu melahirkan bibit-bibit prestasi di berbagai bidang dengan objektif.

Selain melahirkan good and clear goverment serta menata sarana dan prasarana umum pemerintah baru pun harus kembali memberikan perhatian serius terhadap sektor pendidikan dan kesehatan, karena selain ke dua sektor ini menjadi tolak ukur kualitas masyarakat juga menjadi pondasi pembangunan yang bukan hanya disadari oleh pemerintah secara nasional bahkan diakui oleh masyarakat dunia. Membangun infrastruktur dan merancang program yang berbasis kebutuhan untuk sektor pendidikand an kesehatan menjadi suatu keharusan, dan ini harus dimulai dengan penempatan orang-orang yang memiliki kompetensi dan kesungguhan tanpa berbasis kepentingan.

Hal lain yang selama ini masih dianggap kurang bahkan nyaris tidak ada adalah penghargan pemerintah terhadap masyarakat dan insan berprestasi di kabupaten Subang. Banyak warga masyarakat Subang dari mulai pelajar, pemuda dan warga dewasa di Kabupaten Subang yang mampu mengukir berbagai prestasi di berbagai bidang di tingkat provinsi , nasional bahkan internasional, namun prestasi yang mereka ukir tidak berbading lurus dengan apresiasi dan kesempatan pengembangannya dari pemerintah, padahal jika hal ini dilakukan dapat menjadi salah satu energi pendorong peningkatan kualitas SDM bahkan SDA di kabupaten Subang.

Kita paham PR pemerintah baru kabupaten subang cukup banyak, namun kita sebagai warga masyarakat tentu tidak berlebihan jika menitipkan harapan baru agar subang lebih baik dan benar-benar menjadi JAWARA NU SAESTUNA.

Dadan Hermawan, M.Pd, Penulis Adalah Guru SDN Pelita Karya

 

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel

 


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page