Parfi: Pemda Didorong Bangun Bioskop

TINJAU PADANG- Ketua I Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kadernisasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) pusat Ismail Sofyan Sani mendorong pemerintahan daerah (Pemda) untuk membangun bioskop di daerah masing-masing.

"Pembangunan itu pada tiap kabupaten dan kota, sehingga terjadi pemerataan bioskop yang mempunyai hubungan dengan kemajuan perfilman Indonesia," kata Ismail diwawancarai usai jadi pemateri di Padang.

BERITA REKOMENDASI:
Inilah Film Paling Ditunggu di 2017
Inilah Tiga Lokasi Favorit untuk Selfie di Subang Kota
'SUBANG NYENI', Ruang Ekspresi Kegelisahan Anak Muda Subang
Dengan pemerataan itu, ujarnya diharapkan bioskop semakin banyak sebagai saluran dan masing-masingnya dapat berkompetisi dalam artian sehat. Selain itu pemerintah diharapkan pemutaran film Indonesia diberi porsi yang lebih. Karena banyak film-film produksi dalam negeri yang dinilai mumpuni saat ini.

Aktor senior Roy Marten mengatakan, pemerataan bioskop yang beragam diperlukan agar tidak terjadi monopoli. Pada bagian lain saat ditanyai tentang perfilman Sumbar, Ismail mengatakan daerah tersebut mempunyai potensi untuk bersaing di kancah nasional.

"Sumbar memiliki banyak tempat-tempat yang menarik, memiliki budaya, sejarah, dan tokoh. Itu potensi, sebut saja tokoh, masih banyak yang perlu dikenalkan melalui film," kata aktor yang juga sutradara itu.

Sementara itu, Parfi Sumbar mulai melakukan hal tersebut. Saat ini organisasi itu dalam proses pembuatan dua buah film berlatar belakang Sumbar. Kedua film itu berjudul "Cinta di bawah langit", dan "2891 Mdpl".

Pemain dalam film tersebut direncanakan seluruhnya berasal dari Sumbar, berdasarkan hasil casting yang dilakukan. Ketua Umum Parfi Sumbar, Fadly Amran berencana melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak seperti Institus Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, yang memiliki program studi perfilman. [Antara]

foto: ilustrasi (net)
-----

Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Chanel BBM: Berita Subang


Twitter Update

Gubernur Anies: ASN Bukan untuk Dimusuhi tetapi Dibina https://t.co/Rtit2O2yEj
Maju dari Perseorangan, Endang Kosasih Data KTP Dukungan https://t.co/OpkB3dQTWk
Pemuda Subang, Novan Husein Bidik Kursi DPR RI https://t.co/QQ4297QmUd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page